Persiapan Debat Capres, KPU dan Panelis Gelar Pertemuan dengan LSM

Ameidyo Daud Nasution
9 Februari 2019, 07:49
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01, Joko Widodo menyalami Paslon 02, Prabowo Subianto menjelang Debat Capres I 2019 di Jakarta, Kamis (17/1/2019)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar diskusi tertutup dengan para panelis, pakar, dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk membahas materi debat calon presiden dalam putaran kedua Debat Pilpres 2019. Para ahli dan LSM memberikan masukan kepada panelis untuk menentukan pertanyaan yang akan diberikan dalam debat 17 Februari mendatang.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, berdasarkan usulan para ahli maka panelis akan menggelar rapat tertutup sebelum menentukan pertanyaan yang siap dinarasikan pada debat kedua. Setelahnya, panelis juga akan menggelar pertemuan dengan moderator debat agar moderator lancar menarasikan pertanyaan dalam debat tersebut.

"Kami datangkan orang yang ahli energi, pangan, infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan lingkungan hidup untuk memberi masukan ke panelis," kata Arief di Jakarta, Jumat (8/2).

Dia juga memastikan pertanyaan yang sudah disusun akan disimpan dengan hati-hati dan tidak akan dibocorkan. Panelis juga menandatangani pakta integritas untuk menjaga susunan pertanyaan yang dirumuskan. Meski demikian, Arief tidak menyampaikan apa sanksi yang menanti apabila soal bocor. "Jadi tidak akan membocorkan pertanyaan kepada siapapun," katanya.

(Baca: Strategi Menyerang, Jokowi Disarankan Hindari Blunder)

Arief juga memberitahu, agar debat menarik maka akan ada satu segmen bernama debat eksploratif. Nantinya dalam segmen tersebut, kedua pasangan calon (paslon) akan memiliki kesempatan dan jawaban mengeksplorasi jawaban serta tanggapan lawannya dengan bebas.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...