Maraknya Hoaks, Moeldoko: Kelompok Tertentu Ingin Dominasi Informasi

Dimas Jarot Bayu
11 Februari 2019, 12:35
Hoax
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Maraknya hoaks dilakukan kelompok tertentu untuk mematahkan kinerja dan pencapaian pemerintah.

Maraknya hoaks atau kabar bohong dinilai terkait dengan kelompok tertentu yang berusaha menguasai informasi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, penyebaran hoaks tersebut dilakukan secara terus-menerus dan konsisten.

Hal tersebut ditujukan agar masyarakat mempercayai hoaks tersebut. "Maka sebagian besar dari kita kehilangan logika dan menyatakan (hoaks) itu benar," kata Moeldoko di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/2).

Kabar bohong tersebut mereka sebarkan untuk mematahkan berbagai capaian yang telah dibuat pemerintah selama ini. Hal ini bertujuan untuk memunculkan ketidakpastian dan keraguan masyarakat kepada pemerintah.

Padahal, Moeldoko mengklaim pemerintah telah bekerja keras untuk membangun Indonesia. Pemerintah telah membangun berbagai infrastruktur, seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara untuk mendorong konektivitas.

Pemerintah juga membangun berbagai infrastruktur sosial, seperti puskesmas, posyandu, rumah susun, hingga sekolah. Lebih lanjut, Moeldoko menyebut pemerintah sudah mendorong pemerataan harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh wilayah Indonesia.

Dia pun mengklaim pemerintah telah mampu mendorong penurunan angka kemiskinan hingga 9,8%. Hal itu dilakukan dengan penyaluran Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Dana Desa. "Pemerintah bekerja luar biasa, tapi dipatahkan oleh hembusan berita yang bohong, fitnah," kata Moeldoko

Maraknya hoaks tersebut dinilai berbahaya bagi eksistensi negara. Oleh karena itu, pemerintah harus mengambil langkah mengatasi penyebaran kabar bohong dan disinformasi tersebut.

Langkah itu tak bisa hanya dilakukan dengan koordinasi antarkehumasan di jajaran pemerintah. Mereka harus melakukan kolaborasi sehingga informasinya dapat terkendali dan sampai dengan baik kepada masyarakat.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...