Sentimen Debat Capres di Twitter: Negatif untuk Jokowi dan Prabowo

Image title
Oleh Nazmi Haddyat Tamara
17 Februari 2019, 23:21
Debat Capres II
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sentimen warganet di Twitter pada debat kedua didominasi oleh sentimen negatif untuk kedua calon presiden.

Media sosial ikut meramaikan sengitnya debat putaran kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019-2024. Sentimen warganet di Twitter pada debat kedua didominasi oleh sentimen negatif untuk kedua calon presiden.

Hingga berakhirnya debat pada pukul 22.00 WIB, Minggu (17/2), berdasarkan Data dan Analisis Sentimen Twitter yang dibuat Katadata.co.id, sentimen positif untuk calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) sebesar 20%. Sedangkan untuk calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto hanya sebesar 8%. Angka sentimen positif terlihat menurun dari awal dan pertengahan debat untuk kedua calon presiden tersebut.

Di sisi lain, sentimen negatif pada Jokowi terlihat meningkat di tengah debat sekitar pukul 21.20 WIB, dan berakhir pada 22.00 WIB dengan hasil akhir 39%. Sejalan dengan itu, sentimen positif berangsur menurun.

Sebaliknya, sentimen positif untuk Prabowo justru telah menurun dari awal berjalannya debat sekitar pukul 20.20 WIB, dan sentimen negatif terus meningkat hingga penutupan debat berakhir sebesar 21%.

sentimen twitter
Analisis Sentimen Twitter (Katadata)

Tagar #DebatPilpres2019 menguasai trending topic  Indonesia dengan jumlah cuitan hampir 100 ribu. Pendukung 02 juga menempatkan tagar #PrabowoMenangDebat di posisi ke-3 dan pendukung 01 di posisi ke-5 dengan tagar #DebatPintarJokowi. Lebih jauh, tagar #DebatPilpres2019 mampu menjadi trending topic  ke-4 dunia. 

Analisis Sentimen Twitter ini dapat diikuti secara live di microsite Katadata.co.id. Analisis Sentimen Twitter ini berfungsi melihat tanggapan warganet secara keseluruhan dari jawaban-jawaban masing-masing calon presiden selama debat berlangsung.

Fitur ini diperbarui setiap 10 menit dan akan melihat sentimen dari ratusan ribu cuitan yg muncul selama #DebatKeduaPilpres2019: apakah Positif, Negatif atau Netral .

Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...