Kompetisi Kian Sengit, Laba Bersih Matahari Merosot 42% di 2018

Image title
Oleh Ekarina
4 Maret 2019, 22:48
Matahari ritel
Katadata | Arief Kamaludin

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) membukukan laba bersih sepanjang 2018 sebesar Rp 1,1 triliun. Laba bersih tersebut merosot tajam 42,5% dibanding 2017 sebesar Rp 1,9 triliun, salah satunya akibat kondisi persaingan.

CEO dan Wakil Presiden Direktur Richard Gibson menyatakan pada 2018, bisnis Matahari Department Store tumbuh secara keseluruhan. Namun, meningkatnya kompetisi dari retailer lain, baik online maupun offline pada akhirnya turut menggerus bisnis perusahaan.

(Baca: Payless Diisukan Bangkrut, MAP Tetap Buka 18 Gerai Hingga Akhir Tahun)

Padahal, perusahaan mencatat, pada tahun lalu  Matahari masih mampu mencetak  penjualan penjualan kotor sebesar Rp17,9 triliun atau tumbuh 2,1% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 17,5 triliun. Sementara itu, pendapatan bersih meningkat 2,2% menjadi Rp10,2 triliun seiring dengan pertumbuhan penjualan per gerai (same store sales growth/ SSSG) sebesar 3,5%.

Karenanya, untuk kembali memenangkan persaingan, perusahaan akan tetap menggunakan strategi inti berupa penyediaan fashion berkualitas dengan harga terjangkau untuk target segmen menengah. Di samping itu, perusahaan juga berencana memperkuat bisnis online MATAHARI.COM serta terus memperkuat solusi omni-channel dengan menambah merek eksklusif baru untuk melayani pelanggan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...