Rupiah Melemah Jadi 14.100 per Dolar AS, BI Menilai Level yang Stabil

Rizky Alika
5 Maret 2019, 18:34
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA
Nilai tukar rupiah melemah ke posisi Rp 14.100 per dolar Amerika Serikat (AS). BI menilai angka itu masih sangat stabil.

Nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 14.100 per dolar Amerika Serikat (AS). Dengan level tersebut, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menilai rupiah sudah sangat stabil.

"Jadi rupiah stabil sekarang. Sangat stabil sekali," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3).

Penilaian tersebut juga didukung oleh pasokan dolar AS yang terjaga. Saat ini ekspor tengah bergeliat aktif sehingga menambah pasokan dolar di dalam negeri. Situasi tersebut juga diimbangi dengan aliran dana asing yang masuk ke dalam negeri.

BI menerapkan instrumen Domestic Non Delivery Forward (DNDF) guna mendorong investor melakukan lindung nilai (hedging).

Dari instrumen tersebut BI mencatat volume interbank aktif sudah meningkat jadi US$ 100 juta per hari dibandingkan sebelumnya hanya US$ 40 juta per hari. Selain itu, volume transaksi DNDF lebih dominan digunakan investor asing lantaran harus melakukan hedging investasi pada Surat Berharga Negara (SBN).

Ia juga mengatakan, rupiah masih cenderung menguat lantaran tekanan eksternal sudah lebih mereda dibandingkan tahun lalu. Selain itu, tekanan geopolitik juga telah berkurang dibandingkan 2018. Namun, ketidakpastian global seperti perang dagang antara Tiongkok dan AS, Brexit, dan kenaikan bunga acuan Fed Fund Rate masih belum berakhir.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...