Dua Penerbit Indonesia Terima Penghargaan dalam London Book Fair

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

13/3/2019, 21.20 WIB

Penerbit Bentang Pustaka mendapatkan Adult Trade Award.

London Book Fair 2019
Katadata/Heri Susanto
Penghargaan untuk Bentang Pustaka di London Book Fair 2019.

Dua penerbit Indonesia meraih penghargaan dalam London Book Fair Internaional Excellence Awards 2019, ajang pameran buku terbesar di Inggris Raya. Penghargaan tahunan ini diprakarsai oleh The Publishers Association.

Penerbit Bentang Pustaka mendapatkan Adult Trade Award dan Penerbit Bestari Buana Murni menggaet gelar Children's, Young Adult, and Education Award. Kedua penghargaan khusus untuk Indonesia yang menjadi Market Focus Country.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung Indonesia dalam ajang tersebut. Secara khusus, Triawan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, dan British Council.

(Baca: Wajah Keragaman Identitas Indonesia di London Book Fair 2019)

“Kehadiran Indonesia sebagai Market Focus Country semakin terasa istimewa karena tahun ini menandai 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan negara Inggris," kata Triawan dalam keterangan resmi dari London, Inggris, Rabu (13/3).

Selain kedua kategori khusus, tiga penerbit Tanah Air mampu masuk tiga besar nominasi bergengsi. Ketiganya, yakni West Java Agency of Library and Archive dalam The Education Initiatives Award; Lontar Foundation dalam The Literary Translation Initiative Award; serta Yuliani Liputo dari PT Mizan Pustaka Indonesia menjadi kandidat Rights Professional Award.

Kemudian, salah satu festival literasi Indonesia pun juga jadi sorotan di London. Makassar International Writers Festival masuk nominasi tiga besar dalam penghargaan The Literary Festival Award.

(Baca: Pencarian Identitas Jadi Inspirasi Tiga Penulis Terlaris Indonesia)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha