Ikuti Otoritas AS, Boeing Larang Terbang 371 Pesawat 737 Max

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Maret 2019, 12:46
AS larang terbang Boeing 737 Max.
Morris71/123RF.com
Ilustrasi. Otoritas AS larang terbang pesawat Boeing 737 Max.

Boeing, produsen pesawat asal Amerika Serikat, menyatakan akan menangguhkan 371 pesawat jenis Boeing 737 Max 8 dan 737 Max 9. Pernyataan ini setelah otoritas penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA), melarang sementara penerbangan Boeing 737 Max.

CEO Boeing, Dennis Muilenburg, menyatakan pihaknya terlah berkonsultasi dengan FAA dan National Transportation Safety Board (Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS). Dennis menyatakan memutuskan penghentian penerbangan sebagai prinsip kehati-hatian untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam keselamatan pesawat.

Advertisement

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memahami penyebab kecelakaan dalam kemitraan dengan para penyelidik, meningkatkan keselamatan dan membantu memastikan ini tidak terjadi lagi," kata Dennis dikutip dari BBC.

(Baca: Boeing 737 Max 8, Dua Tragedi dalam Lima Bulan)

Langkah Boeing sejalan keputusan FAA mengenai larangan terbang pada Rabu (13/3) waktu setempat. Keputusan larangan terbang ini bersifat sementara tersebut berdasar bukti baru serta data satelit.

Penyelidikan saat ini tengah dilakukan setekah kecelakaan Ethiopian Airlines yang menggunakan jenis pesawat Boeing 737 Max pada Minggu kemarin di Addis Ababa, Ethiopia. Kecelakaan ini menewaskan 157 penumpang.

“Larangan terbang berlaku sambil menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut, termasuk pemeriksaan informasi dari perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit pesawat,” bunyi pernyataan resmi FAA seperti yang diumumkan dalam akun resmi Twitter, Rabu (13/3) waktu setempat.

(Baca: Lion Air Negosiasi Ulang Pembelian 222 Unit Boeing 737 Max)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement