Kedubes Australia Gelar Festival Sinema Australia-Indonesia 2019

Michael Reily
15 Maret 2019, 14:06
Film di Bioskop XXI
Arief Kamaludin | Katadata
Suasana pemutaran film nasional di bioskop Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia menggelar Festival Sinema Australia-Indonesia 2019 di lima kota besar, yaitu Jakarta, Mataram, Makassar, Bandung, dan Surabaya. Dalam festival ini, lima film Australia dan tiga film Indonesia akan tayang pada 14 hingga 31 Maret 2019.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan Ao mengatakan film-film pilihan akan menjadi jendela untuk saling berbagi. "Film merupakan salah satu medium terbaik dalam meningkatkan pemahaman tentang negara lain," kata Gary saat pembukaan Festival Sinema Australia-Indonesia di Jakarta, Kamis (14/3) malam.

Dia menjelaskan, kurasi film dari negaranya akan memperlihatkan keunikan Australia. Contohnya, film drama remaja Ladies in Black, film dokumenter tentang penduduk asli Australia bertitel Gurrumul dan The Song Keepers.

Selain itu, ada juga drama keluarga Storm Boy serta film fiksi ilmiah Occupation. Lalu, festival ini juga akan menayangkan film-film pendek pilihan dari ajang Flickerfest, festival film terdepan di Australia.

(Baca: Terobosan Bekraf Membawa Produk Kreatif ke Pasar Global)

Gary memilih tiga film Indonesia untuk tayang dalam Festival Sinema Australia-Indonesia, yaitu Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) 1 dan 2 dari Miles Films serta Skala Niskala dari sutradara muda Kamila Andini. "Film juga bisa menggambarkan perubahan yang terjadi dalam kebudayaan," ujarnya.

Kesempatan untuk film nasional

Produser Mira Lesmana mengungkapkan Festival Sinema Australia-Indonesia adalah contoh yang baik untuk kolaborasi dalam penguatan industri sinema. Ajang ini juga menjadi tempat bagi masyarakat dan pelaku industri untuk berbagi pengetahuan tentang pembuatan film.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...