Anjlok di Survei Kompas, Jokowi Minta Kader dan Relawan Lebih Militan

Ameidyo Daud Nasution
21 Maret 2019, 00:00
Jokowi dan Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Calon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mendorong seluruh kader partai politik pengusung dan relawan bekerja lebih militan. Dalam survei teranyar Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin tercatat sebesar 49,2%, sedangkan Prabowo-Sandiaga sebesar 37,4%. Padahal pada survei yang sama Oktober 2018 lalu pasangan calon nomor urut 01 tersebut memiliki elektabilitas sebesar 52,6%.

Jokowi menilai hasil survei yang menunjukkan penurunan dapat mendorong para kader dan relawan lebih keras berupaya. "Malah memicu seluruh relawan dan kader kerja lebih militan," kata Jokowi usai pembekalan calon anggota legislatif PDI Perjuangan Jakarta di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

(Baca: Dua Penyebab Elektabilitas Jokowi-Maruf Turun Jelang Pilpres)

Jokowi juga mengatakan lebih dari 10 survei digunakan pihaknya untuk evaluasi perbaikan kubu 01. Dia berharap setelah ada koreksi maka mesin politiknya dapat bekerja lebih baik di sisa waktu yang ada hingga hari pencoblosan.

"Survei kami lihat sebagai bahan koreksi," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Berkebalikan dengan hasil survei Jokowi-Ma'ruf, suara kubu Prabowo-Sandi mengalami kenaikan elektabilitas. Pada Oktober 2018, Prabowo-Sandiaga Uno mendapat elektabilitas sebesar 32,4%. Namun dalam survei Maret 2019, rasio keterpilihan pasangan ini meningkat jadi 37,2%.

Hoaks Pengaruhi Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Garda Maharsi, mengatakan pihaknya akan intensif berkampanye menyapa masyarakat secara langsung atau door to door dalam 25 hari ke depan.

"Jika sebelumnya kami lebih cenderung mengangkat platform, kemudian mengkapitalisasi dengan metode kampanye tatap muka, sekarang menjadi dari pintu ke pintu," kata Garda. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...