Medco Akuisisi Ophir dengan Harga Rp 7,62 Triliun

Image title
21 Maret 2019, 14:39
Medco
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) akhirnya mencapai kesepakatan dengan pemegang saham Ophir Energy Plc. Kesepakatan terkait rencana Medco mengakuisisi perusahaan migas asal Inggris tersebut. Medco mengakusisi saham Ophir dengan harga £ 408,4 juta atau Rp 7,62 triliun (kurs Rp 18,659 per poundsterling).

Menurut informasi di laman resmi perusahaan Medco Energi, satu saham Ophir dihargai 57,5 pence. Kesepakatan harga tersebut lebih tinggi dari penawaran awal Medco di angka 55 pence untuk setiap sahamnya. Dengan begitu Medco bakal menjadi pengendali Ophir, termasuk menguasai 18,73 persen saham baru yang diterbitkan pada 19 Maret lalu.

Sebelumnya, pemegang saham Ophir Energy pernah menolak penawaran Medco Energi mengenai rencana jual beli saham ini. Alasannya, harga yang ditawarkan perusahaan Arifin Panigoro itu di bawah harga wajar Ophir senilai £ 390,6 atau setara Rp 7,29 triliun. 

(Baca: Medco Tawar Saham Ophir Rp 7,23 Triliun)

Berdasarkan situs resminya pada 14 Januari 2019, keputusan itu merupakan hasil rapat petinggi Ophir mengenai tawaran pembelian 48,5% saham oleh Medco. "Dewan perusahaan dengan suara  bulat menolak proposal tersebut karena nilainya di bawah harga wajar," seperti dikutip dalam keterangan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...