Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf Masih Kalah di Sumatra

Dimas Jarot Bayu
25 Maret 2019, 18:55
Jokowi dan Ma
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin

Lembaga survei Charta Politika mencatat elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih rendah di Sumatra, kalah dibandingkan penantangnya pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Perolehan suara pasangan calon petahana di wilayah ini hanya 43,3 persen.

"Prabowo-Sandiaga unggul di Sumatra," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya, Jakarta, Senin (25/3). Perolehan suara Prabowo-Sandi di Sumatra mencapai 48,3 persen. Sementara, responden yang tidak menjawab sebesar 8,5 persen.

Advertisement

(Baca: Dua Penyebab Elektabilitas Jokowi-Maruf Turun Jelang Pilpres

Secara rinci, Charta Politika mengungkap kekalahan Jokowi-Ma'ruf paling telak terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Riau. Pasangan petahana ini hanya unggul di wilayah Lampung. Wilayah yang cukup bersaing elektabilitas di antara keduanya, yakni Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Menurut Yunarto, kekalahan Jokowi-Ma'ruf di Sumatera Selatan dan Riau salah satunya akibat turunnya harga komoditas karet. Mengacu perdagangan di Tokyo Commodity Exchange, harga karet pada Januari 2018 sempat menyentuh ¥ 214 per kilogram. Kemudian terus turun hingga ¥ 152 per kilogram pada November 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement