3 Faktor Ini Lebih Pengaruhi Suara Jokowi Ketimbang Kampanye Terbuka

Ameidyo Daud Nasution
26 Maret 2019, 07:38
Jokowi-Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma\'ruf Amin dan para petinggi partai politik pendukung tiba di Gedung Joang, Jakarta, Jumat (10/8).

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengatakan ada tiga faktor yang lebih mempengaruhi capaian perolehan suara Joko Widodo (Jokowi) ketimbang kampanye terbuka. Ini bisa dilakukan dalam tiga pekan ke depan hingga pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Faktor pertama adalah rasa nyaman pemilih terkait kebebasan berpendapat. Salah satu kasus yang menjadi perhatian adalah penangkapan aktivis Robertus Robet yang menunjukkan adanya ketidaknyamanan masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya.

Faktor kedua adalah blunder para pendukung, seperti adanya penangkapan terhadap mantan Ketua Umum Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Romahurmuziy merupakan Dewan Pengarah di Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin. 

(Baca: Kampanye Rapat Umum Dinilai Tak Beri Efek Elektoral Signifikan)

Sedangkan faktor ketiga adalah wajah reformis yang saat ini tidak terlihat lagi pada Jokowi. Ray mengatakan, sebagai Presiden, Jokowi malah lebih banyak menampilkan wajah prestasi dan capaian dalam pembangunan. Padahal tahun 2014, masyarakat melihat Jokowi merupakan calon presiden yang reformis.

"Kalau ketiganya bisa diatasi, bahkan bisa tarik pemilih mengambang," kata Ray saat diskusi di Jakarta, Senin (25/5). 

Menurutnya, soliditas pemilih Jokowi tidak akan banyak berubah dari saat ini sekitar 88 persen hingga saat pelaksanaan Pilpres. Begitu juga dengan Prabowo yang berada tidak jauh dari angka itu. Menarik suara merupakan hal yang berat, meski bukannya tidak mungkin dilakukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...