Sandiaga Sumbang 61% Kebutuhan Dana Kampanye Kubu Nomor Urut 02

Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu - Antara
30 Maret 2019, 09:27
Sandiga Uno
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Capres nomor dua Sandiaga Uno menghadiri acara kegiatan Aliansi Pengusaha Nasional, (21/3/).

Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menerima sumbangan dana kampanye sebesar Rp 191,5 miliar hingga Maret 2019. Dari jumlah tersebut, sumbangan terbanyak berasal dari Sandiaga yang mencapai Rp 116 miliar atau 61% dari total penerimaan dana kampanye.

Sedangkan Prabowo memberi sumbangan Rp 71,4 miliar atau 34% dari total keseluruhan. Sisanya berasal dari Partai Gerindra sebesar Rp 1,3 miliar.

Sebagai penyumbang dana terbesar, Sandiaga mengatakan belum melakukan penghitungan pasti terkait harta kekayaan yang terkuras untuk keperluan kampanye. Dia mengatakan akan membuat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada akhir masa kampanye bersama Prabowo nanti.

“Belum tahu. Nanti diakhir mau lapor LHKPN, meski enggak wajib tapi kami akan lakukan,” kata Sandiaga di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (29/3) seperti dikutip dari Antara.

(Baca: Sandiaga Kucurkan Dana Hasil Jual Saham di 4 Bulan Akhir Masa Kampanye)

Total sumbangan untuk pasangan calon urut nomor 02 ini meningkat Rp 57,2 miliar dibandingkan posisi Februari 2019 yang sebesar Rp 134 miliar. Adapun sumbangan dana kampanye dari Gerindra tidak berubah dari posisi Desember lalu, yakni Rp 1,39 miliar. Sementara itu, dana kampanye yang berasal dari pendapatan bunga bank sebanyak Rp 74,2 juta.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...