Angkat Toleransi, Film Bumi Itu Bulat Bakal Tayang di Malaysia

Michael Reily
2 April 2019, 19:52
Film Bumi Itu Bulat akan tayang di bioskop pada 11 Maret 2019.
Instagram/@ideosource
Film Bumi Itu Bulat akan tayang di bioskop pada 11 Maret 2019.

Film Bumi Itu Bulat garapan rumah produksi Inspiration Pictures yang bekerja sama dengan GP Ansor bakal tayang di bioskop pada 11 April 2019 mendatang. Film debutan sutradara Ron Widodo juga akan tampil pada layar kaca Malaysia dengan menggandeng Astro Shaw, distributor film Negeri Jiran.

Ron Widodo menjelaskan film Bumi Itu Bulat mencoba menangkap atmosfer perbedaan di masyarakat yang semakin mencolok belakangan ini. Tak jarang, gesekan antarsuku dan agama terjadi karena kurangnya toleransi.

Dia mengungkapkan, perkara toleransi menjadi aspek penting dalam film. "Kami ingin menawarkan gambaran yang terjadi, sehingga setelah menonton film, kita tergerak untuk melakukan sesuatu atau diam saja menyikapinya," kata Ron dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/4).

(Baca: 30 Maret, Hari Film Nasional dan Semangatnya yang Tak Pernah Mati)

Produser Inspiration Pictures sekaligus penulis cerita Robert Ronny mengatakan, produksi film dalam waktu yang singkat. Untuk menambah semarak, film juga menunjukkan potongan gambar Asian Games 2018 sebagai contoh toleransi yang membanggakan Indonesia. "Kami mulai berdiskusi tentang film sekitar September tahun lalu," ujarnya.

Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Saiful Rahmat Dasuki menjelaskan, pengambilan gambar kebanyakan di Surabaya. Pengambilan gambar juga melibatkan Banser (Barisan Ansor Serbaguna Nadhlatul Utama) yang disebutnya cukup identik dengan toleransi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...