Menhub Banggakan 3 Startup Transportasi di Depan Ribuan Mahasiswa

Michael Reily
3 April 2019, 12:44
Menhub Banggakan 3 Startup Transportasi di Depan Ribuan Mahasiswa
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membanggakan tiga perusahaan rintisan (startup) bidang transportasi dalam acara Millenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif. Acara gagasan Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni) itu mendatangkan ribuan mahasiswa.

Budi mengatakan kementeriannya telah mengadakan kompetisi Transhub Challenge untuk melahirkan startup transportasi oleh mahasiswa pada 2018. "Potensi besar adalah ekonomi kreatif, generasi millenials, serta digitalisasi," katanya di Jakarta, Rabu (3/4).

(Baca: Tiga Bidang Startup yang Diramal Jadi Primadona pada 2019)

Dia menjelaskan Transhub Challenge 2018 telah mendorong tiga startup terbaik di bidang transportasi. Pertama, Share C, perusahaan yang menyediakan teknologi untuk tumpang-menumpang kendaraan untuk berangkat dari satu tujuan ke tempat lain.

Kedua, Concecure, aplikasi informatif yang membantu pengurusan izin pelayaran kapal. "Katanya urus izin kapal susah, kami minta bantuan para millenial untuk menyelesaikan kendala itu, sehingga semakin banyak kemudahan bagi masyarakat," ujar Budi.

Terakhir, Nitih-Nitih, aplikasi informasi kepada kaum difabel yang memiliki keterbatasan diri. Dua fitur utama dalam aplikasi adalah akses sarana dan prasarana transportasi serta kontak bahaya jika ada sesuatu yang terjadi secara darurat.

(Baca: Magalarva, Startup Bisnis Pengolah Sampah yang Didanai Investor Jepang)

Ketiga pemenang mendapatkan hadiah total sebesar Rp 200 juta. Kementerian Perhubungan juga melakukan kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta akses pendanaan melalui investor swasta. Dengan begitu, ide para mahasiswa bisa terlaksana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...