Susi Ingin Wisata Bahari Banyuwangi Jadi Contoh Pembangunan Pesisir

Penulis: Michael Reily

Editor: Safrezi Fitra

3/4/2019, 13.43 WIB

"Kalau semua daerah di sepanjang pinggir pantai dibuat seperti ini, pasti uang yang masuk akibat efek lipat gandanya banyak," kata Susi

Susi Ingin Wisata Bahari Banyuwangi Jadi Contoh Pembangunan Pesisir
twitter @kkpgoid
Banyuwangi Underwater Festival 2019

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan wisata bahari Banyuwangi yang terletak di Pantai Bangsring harus menjadi contoh daerah pesisir lain Nusantara. Dia menyampaikan kekagumannya saat membuka acara Banyuwangi Underwater Festival 2019.

Susi mengapresiasi kawasan konservasi Pantai Bangsring yang sudah terintegrasi antara kebutuhan wisata dan kuliner. "Kalau semua daerah di sepanjang pinggir pantai dibuat seperti ini, pasti uang yang masuk akibat efek lipat gandanya banyak," katanya dalam keterangan resminya dari Banyuwangi, Rabu (3/4).

Pembangunan ekonomi pesisir harus sejalan dengan upaya menjaga ekosistem laut, sehingga kehidupan masyarakat lebih terdorong. Dia pun berpesan kepada para nelayan agar sekali waktu libur menangkap ikan agar keberlanjutan sumber daya laut bisa tetap terjaga untuk berkembang biak.

(Baca: Wawancara Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti)

Susi memotivasi para pelajar yang mayoritas anak nelayan supaya menjaga pentingnya ekosistem laut, seperti mengurangi penggunaan sedotan dan botol plastik agar sampah tidak menumpuk di laut.

Saat membuka Banyuwangi Underwater Festival 2019, Menteri Susi juga melakukan pelepasan hiu yang sudah mendapatkan pengobatan di klinik untuk bebas ke perairan lepas. dia juga menanam 1.000 terumbu karang secara simbolis sebagai upaya untuk memperbaiki ekosistem laut.

Sebagai kawasan konservasi laut, para nelayan Pantai Bangsring berhasil mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan mereka. Dulu, mereka kerap menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan seperti bom dinamit dan portas, tapi sekarang telah beralih menggunakan alat tangkap yang lebih ramah.

(Baca: Bersihkan Pesisir Bali, KKP Kumpulkan 841 Kg Sampah)

Upaya ini pun tak sia-sia, masyarakat setempat telah merasakan dampak positif dalam ekosistem laut setempat. Keterangan yang diterima Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan ada peningkatan jumlah wisatawan di Pantai Bangsring hingga 130 ribu pengunjung sepanjang 2018.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menceritakan terumbu karang kembali tumbuh pada kawasan konservasi. “Kami baru dapat tamu yang menyelam. Dia bilang, dia sudah menyelam ke berbagai tempat di seluruh Indonesia, tetapi terumbu karang yang sedang ditanam di sini yang paling banyak yang pernah dia lihat," ujarnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha