Nasional

26 Oktober 2018

Wawancara Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

“Tenggelamkan” sudah menjadi ikon kebijakan tegas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangkitkan sektor perikanan di dalam negeri. Selama empat tahun masa jabatannya, ada 488 kapal penangkap ikan berbendera asing yang ditenggelamkan karena memasuki perairan Indonesia tanpa izin.

\r\n

Dengan kebijakan itu, para pencoleng ikan pun jeri sehingga otomatis produksi ikan di dalam negeri meningkat. Konsumsi ikan juga naik menjadi 46 kilogram per kapita. Berbagai kebijakan dan pencapaian itulah yang akan disampaikan Pemerintah Indonesia dalam forum internasional “Our Ocean Conference 2018” di Bali, akhir Oktober ini.

\r\n

“Kisah itu perlu dibagikan untuk menginspirasi dan mengajak semua negara berkomitmen,” kata Susi dalam wawancara khusus dengan Desi Dwi Jayanti dan Tim Katadata di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, 20 September lalu.

\r\n

Di ruang kerja bernuansa putih yang didesainnya sendiri tersebut, menteri penyandang gelar doktor Honoris Causa ini menguraikan pencapaian kinerjanya dan target pemerintah dari “Our Ocean Conference 2018” yang akan dihadiri lebih 160 negara dan lima kepala negara tersebut. Berikut petikan wawancaranya.