Massa Pendukung Jokowi-Ma'ruf Padati Area GBK Sejak Pagi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Agung Jatmiko

13/4/2019, 14.16 WIB

Kampanye Putih Bersatu dalam rangka Pilpres 2019 berlangsung meriah. Para pendukung Jokowi-Ma'ruf telah memadati GBK sejak pagi hari.

Massa pendukung pasangan Pilpres 2019 calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memadati arena Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sejak Sabtu pagi (13/4). Mereka datang untuk menghadiri kampanye akbar terakhir Jokowi-Ma'ruf bertajuk Konser Putih Bersatu.

Berdasarkan pantauan Katadata, massa telah memadati Stadion Utama GBK (SUGBK). Seluruh tribun di SUGBK terlihat sudah ditempati massa. Untuk diketahui, SUGBK berkapasitas 77.193 orang.

Mayoritas menggunakan kaos putih dengan gambar Jokowi-Ma'ruf atau nomor urut 01. Selain itu, mereka membawa berbagai atribut, mulai bendera, ikat kepala, topi yang menyimbolkan Jokowi-Ma'ruf.

Konser putih
Konser putih (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

(Baca: Jokowi: Jangan Pesimistis, Indonesia Tidak Akan Bubar)

Endah, warga Jakarta Barat , mengaku hadir untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf. Dia hadir bersama empat orang anggota keluarganya yang lain sejak pukul 10.00 WIB. "Buat dukung Pakde (Jokowi). Sudah dari 2014 dukung Pakde (Jokowi)," kata Endah.

Seperti Endah, Andi dari Bekasi, Jawa Barat juga telah datang sejak pagi hari. Andi mengaku datang sejak pukul 06.00 WIB. "Buat yang dipuja, buat yang di hati, harus niat," kata Andi.

Gelaran kampanye bertajuk 'Konser Putih Bersatu" ini nampak menyerupai festival ketimbang kampanye. Selama acara berlangsung, para pendukung dihibur oleh acara musik. Lagu dangdut seperti 'Jaran Goyang', 'Kereta Malam' hingga lagu pop seperti 'Terbang', 'Selow' mengalun sepanjang acara.

Konser putih
Konser putih (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

 

Tak ketinggalan lagu-lagu khas pendukung Jokowi-Ma'ruf seperti 'Goyang Jempol' ikut mengiringi jalannya acara. Para pendukung Jokowi-Ma'ruf juga melakukan ombak massa selama acara berlangsung. Di sekitar areal GBK, atribut partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf juga menghiasi.

(Baca: Jokowi: 2045 Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Ke-4)

Selain alunan musik yang menghibur para pengunjung, terlihat pula pedagang asongan hingga foodtruck yang menjajakan makanan di sekitar areal GBK. Massa yang belum masuk GBK terlihat asyik beristirahat dan makan siang.

Kampanye akbar telah dimulai sejak pukul 12.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jokowi-Ma'ruf sendiri dijadwalkan akan memberikan orasi sekitar pukul 16.30-17.00 WIB. Konser Putih Bersatu ini diisi penampilan musisi dan budayawan, dengan 500 artis akan tampil dalam acara tersebut. Beberapa nama tenar yang hadir antara lain Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro dan Yuni Shara.

Konser putih
Konser putih (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

Hadir juga para tokoh agama dan pemuka masyarakat serta 1000 perwakilan tokoh masyarakat. Acara Konser Putih Bersatu juga melibatkan banyak komunitas kreatif, seperti komunitas fotografi-videografi, barisan pemilik Warung Tegas, pemijat refleksi, skateboarders, sopir truk logistik, dan pengacara.

(Baca: Survei Terbaru: Undecided Voters Tinggal 5,5%, Jokowi Ungguli Prabowo)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan