Exit Poll LSI Denny JA: Jokowi Unggul 12% atas Prabowo

Rizky Alika
17 April 2019, 17:20
exit poll
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana penghitungan di TPS 02 di Kartanegara, Jakarta Rabu (17/4/2019).

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA membuat exit poll yang menggambarkan perolehan suara kandidat calon presiden. Hasilnya,  nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan suara 56,4% dan calon presiden 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebanyak 43,6%.

Exit poll merupakan metode menanyakan pemilih usai mencoblos di TPS.  Dalam exit poll ini, LSI Denny JA mewawancarai 8 ribu responden di 2 ribu TPS. Di tiap TPS, LSI Denny JA mewawancarai empat orang.

"Ini masih tentatif. Data yang pasti akan diberikan melalui quick count," kata Peneliti LSI Fitri Hari di Jakarta, Rabu (17/4).

(Baca: KPU: Quick Count dan Exit Polls Hanya Referensi Informasi)

Adapun data sebaran terbagi menjadi enam kantong suara yang ditentukan dari tipologi pemilih di Indonesia yakni wong cilik, muslim, milineal, pelajar, emak-emak atau perempuan.

Secara rinci, responden muslim berjumlah 88,4%. Dari jumlah tersebut, Jokowi unggul 52,9% dan Prabowo 47,1%. Artinya, mayoritas pemilih muslim memilih Jokowi.

Jika dibedah lagi, ada kategori organisasi masyarakat (ormas) yang menyatakan dengan afiliasi tertentu, yaitu pemilih yang berafiliasi dengan NU 50%, Muhammadiyah 4,8%, Alumni 212 0,3%, dan organisasi masyarakat lain, 0,9%, dan tidak berafiliasi dengan organisasi apapun 39,8%.

(Baca: Pantau Hitung Cepat, Tim Jokowi-Maruf Optimistis Raih Suara 60%)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...