Moeldoko Minta Prabowo Tak Buru-buru Menuding Pilpres 2019 Curang

Dimas Jarot Bayu
18 April 2019, 09:22
Moeldoko meminta Prabowo tak buru-buru menyebut PIlpres 2019 curang.
Antara
Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Moeldoko

Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Moeldoko menyoroti pernyataan Parbowo Subianto soal kecurangan Pilpres 2019. Menurut dia, semestinya Prabowo tak buru-buru mengeluarkan pernyataan semacam itu. Sebab, kecurangan harus dibuktikan.

Ia menjelaskan, Prabowo semestinya melaporkan kepada lembaga yang berwenang seperti Badan Pengawas Pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Polisi, Pengadilan Tata Usaha Negara, hingga Mahkamah Konstitusi. "Jangan buru-buru mengatakan ada kecurangan," kata Moeldoko di Jakarta Theater XXI, Jakarta, Rabu (17/4).

Moeldoko lantas mempertanyakan siapa pihak yang dianggap curang oleh Prabowo dalam Pilpres 2019. Sebab, Moeldoko juga mendapat laporan adanya peristiwa yang merugikan kubu Jokowi-Maruf. Meski demikian, pihaknya tidak pernah mengumbar masalah tersebut.

(Baca: Quick Count 7 Lembaga Survei Hampir 100%, Jokowi Ungguli Prabowo 9-11%)

Moeldoko mengatakan TKN selalu berupaya menyelesaikan masalah tersebut melalui mekanisme hukum yang berlaku. "Kami tidak pernah melakukan komplain, provokasi keluar, justru kami redam anak-anak di bawah agar semua ada solusi," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Prabowo mengklaim banyak mendapat laporan atas keganjilan Pilpres 2019. Hal itu salah satunya disebabkan oleh banyaknya surat suara di beberapa TPS yang telah tercoblos pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...