Korban Banjir Jakarta, Sebanyak 2.942 Warga Harus Mengungsi

Image title
27 April 2019, 12:31
BPBD DKI Jakarta, banjir jakarta
ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah
Seorang anak melintasi banjir sedalam 1,5 meter di Kelurahan Pajetan Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/2).

Sebanyak 2.942 warga harus mengungsi akibat banjir yang menggenangi permukiman di sejumlah wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, karena meluapnya Sungai Ciliwung pada Jumat (26/4).

Mengutip Antara, berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta (BPBD DKI Jakarta), melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan hingga Jumat, ada 16 titik yang menjadi lokasi pengungsian bagi warga Jakarta Timur (14 titik) dan Jakarta Selatan (2 titik).

Advertisement

BPBD DKI Jakarta juga menginformasikan daerah terdampak banjir terdiri dari 18 titik, yakni 4 titik di wilayah Jakarta Selatan dan 14 titik di wilayah Jakarta Timur.

Untuk membantu 2.942 warga yang harus mengungsi, Dinas Sosial Provinsi dan Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Selatan dan Jakarta Timur telah mengirimkan bantuan logistik, makanan siap saji, dan mendirikan tenda pengungsi serta dapur umum untuk pengungsi.

Mengutip Berita Jakarta, Jumat (26/4), Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur Purwono mengatakan, bantuan makanan siap saji yang disalurkan sebanyak 3.475 boks. Bantuan tersebut disalurkan ke Kelurahan Cililitan, Balekambang, Bidara Cina dan Kampung Melayu masing-masing sebanyak 500 nasi kotak serta 800 nasi kotak di Cawang dan 675 nasi kotak di Kebon Manggis.

Sementara, BPBD mengirimkan bantuan logistik untuk pengungsi berupa air mineral, biskuit, family kit dan matras, sedangkan Dinas Kesehatan mengirimkan bantuan obat-obatan dan mendirikan Posko Kesehatan. Dinas Lingkungan hidup mengirimkan bantuan mobil toilet untuk kebutuhan sanitasi pengungsi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement