XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran

Cindy Mutia Annur
27 April 2019, 06:00
Indosat
Arief Kamaludin|KATADATA
Indosat

XL Axiata dan Indosat Ooredo mengantisipasi kenaikan trafik data menjelang Ramadan dan Lebaran 2019. Masyarakat akan lebih banyak mengirim ucapan selamat melalui internet ketimbang telepon.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya memproyeksikan, trafik layanan data selama Ramadan hingga Lebaran tahun ini akan naik hingga 30% dibandingkan hari-hari biasa. Ia melanjutkan, layanan streaming video diperkirakan naik hingga 64%.

Advertisement

"Ada kemungkinan, layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) akan banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS untuk berkirim pesan atau ucapan," ujar Yessie kepada Katadata, Jumat (26/4).

Selain itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute digital jalan, seperti Waze dan Google Map juga diprediksi mengalami peningkatan.

(Baca: Trafik Layanan Data Diproyeksi Naik hingga 15,8 % Saat Pemilu)

Yessie mengatakan, perusahaannya telah memastikan sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Di antaranya, di sepanjang Pulau Jawa (100%),  jalan tol di luar Jawa (85%),  jalan raya non-tol pantai Utara Jawa dari Jakarta -Surabaya (95%), dan jalur non-tol Pantai Selatan (90%), Sumatera (94%), dan Kalimantan (66%).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement