Kabar Reshuffle Pasca Pilpres, Wiranto: Tunggu Penjelasan Presiden

Ameidyo Daud Nasution
29 April 2019, 15:12
reshuffle menteri, jokowi, Pilpres 2019, Wiranto
ANTARA FOTO/Suwandy
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto meminta semua pihak menunggu penjelasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal reshuffle menteri Kabinet Kerja.

Isu kocok ulang (reshuffle) posisi menteri di Kabinet Kerja yang merebak ditanggapi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Menteri yang juga politisi Partai Hanura itu mengaku belum mendengar kabar wacana tersebut.

Wiranto meminta semua pihak menunggu penjelasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia itu juga menjelaskan bahwa Jokowi memiliki penilaian atas capaian saat ini dan membutuhkan tim untuk mengejar target mendatang. "Ditunggu saja penjelasan Presiden," kata Wiranto, Senin (29/4).

Advertisement

(Baca: Ekonom Usul Jokowi Reshuffle Sejumlah Menteri Ekonomi)

Ia juga mengatakan simpang siur isu mengenai perombakan kabinet merupakan hal yang biasa sejak dulu. Karena itu, ketimbang menanyakan kepada dirinya, Wiranto meminta awak media menanyakan hal ini kepada Jokowi langsung. "Ini seperti tahun-tahun yang dulu juga," katanya.

Dikutip dari Tempo.co, Jokowi mempertimbangkan kocok ulang cabinet sebelum pengambilan sumpah sebagai Presiden RI. Bahkan Jokowi membuka peluang masuknya sosok berlatar partai politik untuk menjabat sebagai menteri. "Di partai politik juga ada yang profesional," katanya.

Jokowi Perlu Reshuffle Menteri Ekonomi

Hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 menunjukkan pasangan nomor urut 01 Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai pemenang. Pemenang Pilpres secara resmi akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei nanti.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement