BNI Syariah Dorong Inklusi Keuangan Syariah Lewat Transformasi Digital

Image title
30 April 2019, 22:43
BNI Syariah, keuangan syariah
Katadata
Logo BNI Syariah di Banking Hall BNI Pusat, Jakarta, Rabu (11/3).

BNI Syariah tengah berusaha meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui industri sarat teknologi atau yang acap kali disebut industri 4.0.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto dalam Seminar Nasional Ekonomi Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Selasa (30/4).

Mengutip keterangan resmi perusahaan, dalam seminar nasional dengan tema “Islamic Fintech: Menakar Peluang dan Ancaman Keuangan dan Pemasaran Digital pada industri 4.0” yang diinisiasi oleh IAIN Madura dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Wahyu menyorot mengenai literasi keuangan syariah yang masih rendah dibanding literasi keuangan konvensional.

Berdasarkan survei nasional literasi dan inklusi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2017, literasi keuangan syariah hanya mencapai 8%, lebih rendah dibanding bank konvensional yang mencapai 30%. Pun demikian dengan inklusi keuangan syariah yang hanya 11%, padahal bank konvensional bisa mencapai 68%.

Literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah di Indonesia ini dipandang Wahyu seakan menjadi paradoks. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia. Nah, untuk meningkatkan inklusi dan literasi perbankan syariah ini, teknologi digital ia pandang sangat berperan penting.

(Baca: Pendapatan Naik, Laba Bersih BNI Syariah Melejit di Triwulan Satu 2019)

"Pada tahun ini BNI Syariah sedang gencar melakukan transformasi digital. Transformasi digital ini dilakukan dengan penerapan metodologi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan nasabah (metodology human center design)," ungkap Wahyu, dalam keterangan resmi

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...