Angka Kecelakaan Tinggi, Menhub Imbau Pemudik Tidak Gunakan Roda Dua

Michael Reily
3 Mei 2019, 17:08
menteri perhubungan, mudik lebaran, mudik,
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Pemudik menggunakan sepeda motor melintasi jalur selatan Jawa Tengah di simpang Rawalo, Banyumas, Jateng, Rabu (12/6). Arus mudik di jalur selatan Jawa Tengah mulai ramai dilewati pemudik pada H-2 lebaran.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran 2019. Dia meminta agar pemudik menggunakan fasilitas mudik gratis yang tersedia atau angkutan umum.

Budi mengatakan mudik menggunakan sepeda motor sangat berbahaya karena angka kecelakaan sepeda motor yang mencapai 75%. "Saya sampaikan sepeda motor diimbau tidak digunakan," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5).

Dia menjelaskan, pemerintah mengkampanyekan imbauan mudik tidak menggunakan motor. Dia menyebutkan angka kecelakaan karena motor berhasil turun sekitar 30%. Selain itu dia juga mengimbau agar pemudik mengutamakan keselamatan dengan menjaga kecepatan berkendara dalam batas yang wajar.

Menurut Budi, penggunaan angkutan massal seperti bus bisa mengurangi tekanan pada kemacetan di jalur mudik atau lonjakan penumpang kereta api. Kemudian, ada juga angkutan transportasi laut seperti kapal Jakarta-Semarang yang akan ditambahkan jadwalnya jika permintaan besar.

(Baca: KSP Prediksi Potensi Kemacetan Mudik 2019 di Ruas Jakarta-Cikampek)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...