Merosot 1,28% Pekan Lalu, IHSG Hari ini Diprediksi Rebound

Image title
6 Mei 2019, 07:22
IHSG hari ini diprediksi naik
Arief Kamaludin|KATADATA
IHSG diprediksi berbalik naik pada awal pekan ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot sepanjang dua hari terakhir perdagangan pekan lalu. Indeks ditutup pada level 6.319,4 pada Jumat (3/5), turun 1,28% sepanjang pekan. Meski begitu, beberapa analis melihat potensi indeks berbalik menguat pada awal pekan ini.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memperkirakan IHSG hari ini bakal bergerak pada level antara 6.260 hingga 6.390 dengan indikasi rebound. Penyokongnya, rilis data ekonomi kuartal I yang diprediksi positif. "Akan rilis laporan pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun ini dan indeks keyakinan konsumen," kata Lanjar dalam riset tertulisnya.

Secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji juga melihat potensi IHSG hari ini rebound. Level support berada dalam rentang 6.264,5 hingga 6.209,7. Sedangkan level resistance berada pada area 6.370,9 hingga 6.422,4. "Berpeluang menuju ke area resistance," kata dia.

(Baca: Manulife: Dana Asing Bakal Makin Deras Masuk ke Pasar Keuangan )

Prediksi senada juga disampaikan Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya. Ia melihat ada peluang IHSG hari ini rebound, dengan pergerakan di antara level 6.257 hingga 6.488. Ia sependapat, rilis data ekonomi mengenai pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu isu yang memengaruhi sentimen pelaku pasar hari ini, bahkan untuk beberapa waktu mendatang.

Untuk keseluruhan pekan ini, ia memprediksi IHSG masih terkonsolidasi dalam rentang yang wajar. Namun, peluang IHSG untuk kembali mencetak rekor tertingginya masih terbuka lebar. "Hal ini tentunya ditunjang oleh stabilnya kondisi perekonomian dalam negeri," kata William.

Penunjang lainnya, kinerja keuangan yang positif dari beberapa emiten. "Kinerja emiten sepanjang kuartal pertama 2019 menunjukkan hasil yang cukup baik," kata dia.

(Baca: Sri Mulyani Sebut Faktor Wait and See Sudah Hilang Usai Pilpres 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...