Istana Isyaratkan Jokowi Kemungkinan Reshuffle Kabinet Usai Lebaran

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Martha Ruth Thertina

8/5/2019, 11.30 WIB

Reshuffle disebut masih menunggu kepastian status hukum tiga menteri aktif yang terseret kasus korupsi.

Juru Bicara Presiden isyaratkan jokowi reshuffle kabinet usai Lebaran 2019
Arief Kamaludin|KATADATA
Juru Bicara Presiden Johan Budi.

Istana menyatakan perombakan atau reshuffle kabinet mungkin saja terjadi. Namun, Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan reshuffle kemungkinan tidak akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum Lebaran 2019.

Ia menjelaskan, setiap saat ada kemungkinan reshuffle. Namun, "Sampai Lebaran ini paling tidak, tidak ada reshuffle," kata dia di kantornya, Selasa (7/5).

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan reshuffle kabinet belum menjadi agenda khusus Presiden karena masih menunggu situasi. Situasi yang dimaksud di antaranya terkait kepastian status hukum beberapa menteri yang terseret dalam pusaran kasus korupsi.

(Baca: KPK Sita Dokumen Perdagangan Gula dari Kantor Menteri Perdagangan)

Terdapat tiga menteri aktif yang terseret dalam kasus korupsi. Pertama, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang terseret dalam kasus suap dana hibah Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI). Kedua, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang terseret kasus dugaan suap Rp 2 miliar yang dilakukan anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Golkar, Bowo Sidik Pangarso.

Ketiga, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga sempat menjadi saksi dalam kasus dugaan jual beli jabatan di kementeriannya. "Status itu menentukan, sepanjang belum ada status yang jelas, Presiden menekankan supaya ngebut bekerja dengan baik dalam sisa waktu yang ada," kata dia, Jumat (3/5) lalu.

(Baca: Perubahan Kabinet, Ekonom Minta Jokowi Pilih Menteri Sesuai Strategi)

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan Jokowi memiliki penilaian atas capaian saat ini dan membutuhkan tim untuk mengejar target mendatang. "Ditunggu saja penjelasan Presiden (tentang reshuffle)," kata dia.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN