Bank Mandiri Siapkan Rp 54,9 Triliun Uang Tunai Sepanjang Ramadan

Image title
9 Mei 2019, 20:45
Ramadan, persiapan mudik, mudik lebaran 2019, bank mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan dana tunai sebesar Rp 54,9 triliun untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai masyarakat sepanjang Ramadan dan setelah Lebaran 2019.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyiapkan dana tunai sebesar Rp 54,9 triliun untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai masyarakat sepanjang Ramadan dan setelah Idul Fitri 1440 H. Antisipasi tersebut dilakukan selama 28 hari sejak 13 Mei hingga 9 Juni 2019, artinya sekitar Rp 1,9 triliun per harinya.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, kebutuhan dana tunai per hari pada periode ini meningkat hingga 19% dari rata-rata kebutuhan harian dalam kondisi normal. Menurut dia, alokasi dana tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan dana masyarakat, terutama nasabah korporasi.

"Masa pembayaran gaji diperkirakan akan berbarengan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar akhir Mei," kata Hery dalam acara buka puasa bersama sejumlah media di kantornya, Jakarta, Kamis (9/5).

(Baca: Riset: Mayoritas Uang THR Dipakai untuk Belanja di E-commerce)

Dari besaran tersebut, Bank Mandiri mengalokasikan sekitar 82% untuk memenuhi ketersediaan dana di mesin-mesin ATM Bank Mandiri. Hery mengatakan, untuk mengantisipasi peningkatan transaksi tunai di ATM menjelang libur Idul Fitri, mereka akan melakukan pengisian limit maksimal di setiap ATM Mandiri sejak pekan kedua Mei hingga pekan pertama Juni 2019. Sedangkan, 18% sisanya akan ditempatkan di kantor cabang.

Pada masa libur Idul Fitri pada 3-7 Juni 2019, Hery mengungkapkan, Bank Mandiri akan tetap mengoperasikan 385 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas kepada masyarakat, termasuk untuk pembayaran Delivery Order pembelian BBM oleh SPBU-SPBU dan pembayaran pajak.

Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri menyiapkan dua unit Mandiri Mobil untuk melayani penukaran uang bagi masyarakat, masing-masing di kawasan Monas pada  13-17 Mei 2019 dan Museum Bank Indonesia Kota pada 20-24 Mei 2019.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...