Ketua MPR Berharap Pemenang Pilpres Bisa Kembali Rajut Persatuan

Dimas Jarot Bayu
10 Mei 2019, 19:17
pilpres 2019
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketua MPR Zulkifli Hasan (kanan) berbicara dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Zulkifli meminta pemenang Pilpres 2019 bisa merajut kembali persatuan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap siapapun pemenang Pilpres 2019 dapat kembali merajut persatuan dan kesatuan Indonesia. Ia menilai pemilihan presiden merupakan proses yang biasa dilalui dalam sistem demokrasi.

Indonesia rutin menjalankan kontestasi politik tersebut setiap lima tahun sekali . Karena itu, Zulkifli berharap Pilpres 2019 tak menimbulkan perpecahan yang berkelanjutan di tengah masyarakat.

"Kita akan menang kalau yang terpilih bisa menjahit merah putih, merajut persatuan, memperkokoh kebersamaan, baru Indonesia menang," ucap Zulkifli di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Jumat (10/5).

Zulkifli mengatakan, salah satu cara merajut persatuan seperti mengadakan buka puasa secara bergiliran bersama Presiden Joko Widodo. Padahal, Zulkifli dan Jokowi berbeda dukungan saat Pilpres 2019.

PAN yang dipimpin Zulkifli dalam Pilpres 2019 ini diketahui mendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara, Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin menjadi lawan Prabowo-Sandiaga dalam Pemilu 2019. "Itu yang kita anggap bisa menjahit kembali merah putih," kata Zulkifli.

Dalam acara buka puasa bersama ini, hadir pula Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO). PKB yang dipimpin Muhaimin mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Hal serupa dilakukan partai yang dipimpin OSO, Hanura. "Pak OSO dan Cak Imin (Muhaimin) juga berbeda, tapi kita bisa bersama-sama," ujar Zulkifli.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...