Tips Bugar Selama Puasa Ramadan

Cindy Mutia Annur
11 Mei 2019, 15:09
Workshop kebugaran yang diadakan oleh Shopee di Jakarta, Jumat (10/5)
Shopee
Workshop kebugaran yang diadakan oleh Shopee di Jakarta, Jumat (10/5)

Selama bulan puasa, terjadi pergeseran pola makan dan rutinitas harian. Bagaimana untuk tetap bugar menjalani aktivitas harian selama Ramadan?

Medical Advisor PT Bayer Indonesia Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari mengatakan, momentum puasa ini justru memiliki sejumlah manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah bagi kesehatan tubuh. “(Selama puasa) kita bisa memperbarui metabolisme tubuh kita. Jadi ini momentum yang tepat untuk mengubah gaya hidup,” ujar Suci dalam acara Bincang Shopee di Jakarta, Jumat (10/5).

Ia mengatakan, untuk detoksifikasi yang maksimal, penting dilakukan untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Ia menyarankan konsumsi makanan yang seimbang kadar gizinya.

Saat buka puasa sebaiknya kita tidak berlebihan mengonsumsi makanan. “Boleh kok indulgence (kesenangan) seperti itu. Asal saat mengonsumsinya, ada batasnya,” ujarnya.

(Baca: Harga Bawang Putih dan Cabai Merah Semakin Panas)

Selain itu, penting juga untuk tetap berolah raga. “Puasa bukan artinya berhenti melakukan aktivitas. Kita juga harus mempertahankan tubuh dan otot kita juga dengan olah raga,” ujarnya.

Sependapat dengan Suci, Fitness Trainer dan YouTuber Annissa Munaf mengatakan, banyak sekali manfaat olah raga saat menjalankan ibadah puasa. Di antaranya, pembakaran lemak dan pembentukan tubuh menjadi lebih cepat karena perut kita sedang dalam kondisi kosong.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...