Dorong Ekspor, Bekraf Kolaborasi Ekonomi Kreatif Indonesia-Thailand

Penulis: Michael Reily

Editor: Sorta Tobing

17/5/2019, 10.51 WIB

Bekraf berharap upaya kolaborasi ini bisa menjadi langkah ekspor produk kreatif yang dapat membantu neraca perdagangan Indonesia.

neraca dagang april defisit, bekraf kerja sama dengan thailand
Arief Kamaludin | Katadata
Kepala Bekraf Triawan Munaf melakukan penandatangan kerja sama dengan The Creative Economy Agency milik Thailand pada Senin (13/5).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan penandatangan kerja sama dengan The Creative Economy Agency milik Thailand. Upaya kolaborasi ini menjadi langkah ekspor produk kreatif untuk membantu neraca perdagangan Indonesia.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan defisit neraca perdagangan Indonesia ke Thailand mencapai US$ 4 miliar. "Kita harus cari jalan supaya produk kita bisa masuk ke sana," kata Triawan kepada Katadata.co.id, Jumat (17/5).

Menurut dia, subsektor potensial yang bisa melenggang masuk ke Thailand adalah televisi dan radio, film, gim, sampai perusahaan digital. Apalagi, Indonesia sudah memiliki empat unicorn, terbesar di Asia Tenggara.

Dia menjelaskan, produk-produk ekonomi kreatif Tanah Air masih lebih maju daripada Negeri Gajah Putih yang unggul dalam sektor agrikultur. "Ekonomi kreatif bisa menjadi pembantu neraca dagang meskipun masih kecil," ujar Triawan.

(Baca: Bekraf Gandeng Bank Syariah untuk Modal Industri Fesyen Muslim)

Thailand, menurut dia, terinspirasi sistem program dalam tiap deputi Bekraf serta ekosistem ekonomi kreatif yang terbentuk sejak 2015. Maklum, The Creative Economy Agency Thailand baru terbentuk Oktober 2018 lalu.

Namun, Triawan mengaku Thailand punya sumber daya manusia serta infrastruktur yang kuat untuk maju. Sebab, mereka sudah memiliki Thailand Creative and Design Center (TCDC) yang masuk ke bawah badan ekonomi kreatif di sana.

Apalagi, World Creative Economy Conference juga membantu akses terhadap dunia ekonomi kreatif dan ekonomi digital. "Bekraf saja tidak punya gedung sendiri, kita juga harus punya sumber daya manusia yang besar kalau mau maju," kata Triawan lagi.

Pendandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bekraf dan The Creative Economy Agency Thailand berlangsung di Gedung TCDC, Bangkok, Thailand, Senin (13/5) lalu. Triawan Munaf hadir dalam penandatanganan bersama Pimpinan The Creatif Economy Agency Thailand Archaka Siboonruang.

Selain itu, tujuan kerja sama adalah mendorong kerja sama sumber daya manusia industri kreatif serta mendorong partisipasi subsektor ekonomi kreatif. Bekraf juga mengunjungi TCDC untuk bertukar perspektif tentang ekonomi kreatif.

(Baca: Pertumbuhan Desain Komunikasi Visual Pesat, Kontribusinya Masih Minim)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan