Google Maps Sediakan Informasi Baru untuk Permudah Para Pemudik

Michael Reily
17 Mei 2019, 07:00
mudik lebaran 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Google berkolaborasi dengan pemerintah menyediakan informasi mudik 2019

Google Indonesia menyediakan Google Maps sebagai aplikasi penting untuk kebutuhan navigasi saat mudik Lebaran. Google Maps memiliki fitur rute, pom bensin, tempat peristirahatan, posko mudik, dan posko kesehatan.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami menyatakan navigasi jalan bakal lebih lancar. "Semoga pemudik tidak kebingungan kalau ada kebutuhan dalam perjalanan," kata Veronica di Jakarta, Kamis (16/5).

Menurutnya, kolaborasi bersama pemerintah bakal mengintegrasikan Google Maps di situs resmi infomudik.go.id. Selain itu, peta jalan dan infomudik sudah diperbaruhi untuk seluruh wilayah Indonesia menggunakan peta versi terbaru sehingga jalur baru seperti tol hasil pembangunan infrastruktur juga tersedia.

Layanan ini mulai efektif dua minggu sebelum Lebaran. Google Maps memang memiliki keahlian pembelajaran mesin dalam algoritma pemilihan rute serta penggunaan jalan. Alhasil, rute pilihan Google Maps merupakan penyesuaian dari para pengguna Global Positioning System (GPS) via aplikasi.

Sehingga, Veronica meminta masyarakat untuk saling membantu para pengguna jalan dengan membiarkan GPS menyala dan memberikan informasi bagi pengguna peta. "Ujung-ujungnya peta real-time itu memang berdasarkan data pengguna," kata Veronica.

(Baca: Jelang Mudik, Jalan Tol Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Resmi Berbayar)

Veronica menyebutkan, masyarakat yang tak puas dengan fitur Google Maps bisa menggunakan laporan untuk memperbaiki pola digital algoritma. Sebab, Google Maps merupakan aplikasi yang sangat bergantung pada komunitas.

Sementara itu, portal infomudik.go.id bisa menjadi tempat masyarakat mengunggah temuan mereka untuk tambahan informasi, termasuk terkait tempat kuliner dan destinasi wisata baru. Salah satu fitur paling baru adalah Tur Trans Jawa, panduan pemanfaatan lokasi wisata sepanjang tol dari Merak hingga Probolinggo.

(Baca: Strategi Mengurai Kemacetan Mudik Lebaran 2019)

Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...