Selama Ramadan, Pencarian Belanja di Google Melonjak 40%

Michael Reily
16 Mei 2019, 14:20
pencarian google, ramadan, mudik lebaran 2019, lebaran
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Penelusuran di laman Google meningkat hingga 40% selama Ramadan.

Google Indonesia menyatakan rutinitas ketika bulan puasa mengubah pola kegiatan sehari-hari masyarakat. Banyaknya waktu luang menyebabkan penelusuran di laman Google meningkat hingga 40%, salah satunya yaitu pencarian produk belanja.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengungkapkan kata kunci 'terbaik', 'terbaru', dan 'termurah' melonjak cukup tinggi. "Biasanya orang mencari produk baru karena ada uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk hari raya," kata Veronica di Jakarta, Kamis (16/5).

Advertisement

Dia mengungkapkan tiga produk yang meningkat pencariannya adalah peralatan grooming (alat kosmetik dan pakaian), gawai (smartphone dan speaker), serta perabotan rumah. Google pun merilis fitur tab belanja sebagai perbandingan produk di toko yang terdaftar secara digital.

Menurut Veronica, produk yang hadir dalam halaman pencarian sesuai iklan penawaran dalam situs belanja atau e-commerce. Alhasil, penawaran akan tampil untuk memudahkan konsumen mencari produk yang paling sesuai.

(Baca: 56% Pengguna Internet Indonesia Belum Pernah Bertransaksi E-Commerce)

Selain pencarian produk belanja, peningkatan penelusuran hingga 40% juga terjadi untuk informasi penunjang ibadah, makanan di Ramadan, serta konten religius. "Informasi itu kami gunakan untuk tayangkan fitur di Google," ujar Veronica.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement