Mudik Gratis dengan Kapal Roro Diminati Masyarakat

Image title
17 Mei 2019, 15:31
mudik gratis
ANTARA FOTO/MUHAMAD HAMZAH
Petugas melayani warga yang mendaftar pada program mudik gratis Lebaran 2019 di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tengah di Palu, Selasa (14/5/2019).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyatakan kuota mudik gratis yang diselenggarakan hampir terisi 100%. Bahkan pendaftar mudik gratis dengan kapal Roll on-Roll off (RoRo) untuk jurusan penyeberangan Jakarta-Semarang telah mencapai 100%.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis yang diadakan tahun ini ada yang menggunakan bus dan kapal RoRo. Untuk mudik gratis dengan kapal RoRo terdiri dari dua tujuan yakni Semarang dan Lampung.

Budi mengatakan mudik dengan menggunakan kapal RoRo memiliki keuntungan, yaitu tidak mengalami kemacetan, sehingga bisa sampai ke tempat tujuan dengan tepat waktu. "Kalau diprediksikan 6 jam perjalanan ya tidak akan molor, sehingga masyarakat dapat memastikan kapan akan tiba di tujuan," kata Budi, Jumat (17/5). 

(Baca: Kemenhub Siagakan 378 Unit Kapal Selama Masa Mudik Lebaran 2019)

Kapal RoRo akan diberangkatkan dari Tanjung Priok pada 1 Juni 2019. Rinciannya, rute Jakarta-Semarang akan berangkat pada pukul 09.00 WIB, dan 12.00 WIB, sedangkan Jakarta-Panjang pada pukul 17.00 WIB.

Adapun kapal Roro ini memiliki volume 5.000 Gross Tonnage (GT), dengan kapasitas angkut kapal yang digunakan yaitu 500 motor dan 1.000 penumpang per kapal.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, mudik 2019 ini diperkirakan ada kenaikan penumpang kapal Ro-Ro sebesar 2,89%. Tahun lalu jumlah penumpang sebanyak 4,40 juta orang dan tahun ini diperkirakan sebanyak 4,53 juta orang.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...