Kemenhub Gratiskan Mudik Lebaran 2019 Pakai Kapal Roro

Image title
9 April 2019, 20:15
mudik gratis 2019, kementerian perhubungan, lebaran 2019, cara pendaftaran mudik gratis, kapal roro, Ro-Ro
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Ratusan pemudik bersepeda motor yang akan mudik menyeberang menuju Pulau Sumatera mengantre masuk ke kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (13/6).

Kementerian Perhubungan menggratiskan pemudik yang akan memakai kapal roll on-roll off (Ro-Ro). Program ini bertujuan agar masyarakat dapat beralih dari kendaraan bermotor ke kendaraan umum, khususnya menggunakan kapal penyebrangan.

Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani Kemenhub mengatakan Kementerian telah menyediakan tiga buah kapal Ro-Ro, untuk melayani rute Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Surabaya serta arah sebaliknya.

Adapun ketiganya menggunakan kapal dengan volume 5 ribu Gross Tonnage (GT), dengan kapasitas angkut kapal yang digunakan sebanyak 500 motor dan seribu penumpang setiap kapalnya. "Salah satu keuntungan mudik dengan kapal Ro-Ro yaitu anti macet dan waktu tibanya pasti," ujar Ahmad, dalam keterangan pers, Selasa (9/4).

(Baca: Pemudik dari Jabodetabek Diprediksi 14,9 Juta, Pengguna Pesawat Turun)

Waktu keberangkatan kapal yang kerap ditulis roro tersebut pada 1 Juni 2019 dan serentak di tiga rute. Sedangkan untuk arus baliknya akan diberangkatkan serentak pada 8 Juni 2019. Adapun pelabuhannya, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang, dan Pelabuhan Panjang di Lampung.

Ia juga menjelaskan untuk mendaftar dalam program ini dilakukan secara online maupun offline. Pendaftaran offline calon pemudik bisa mendatangi langsung ke Lobi Gedung Cipta Kemenhub, Jakarta. Sedangkan, pendaftaran online bisa melalui website http://mudikgratis.dephub.go.id. Pendaftaran akan dibuka mulai 23 Maret hingga 24 Mei 2019.

(Baca: Kemenhub Berpeluang Terapkan Aturan Ganjil Genap saat Arus Mudik 2019)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...