Jokowi Ajak Prabowo Hargai Kedaulatan Rakyat, JK: Etisnya Beri Selamat

Michael Reily
21 Mei 2019, 15:22
Jokowi menang
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasangan terpilih Jokowi-Ma'ruf berada di Kampung Deret usai memberikan pidato keemangan, Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (21/5).

Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meminta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk menghargai proses demokrasi yang telah dijalankan oleh rakyat. Pesan ini disampaikan menyusul selesainya rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan kemenangan 55,5% untuk pasangan nomor urut 01 tersebut.

Jokowi menyatakan kehendak rakyat sudah disalurkan melalui pemungutan suara pada 17 April 2019. "Oleh sebab itu, kedaulatan rakyat yang telah dilaksanakan, kehendak rakyat yang telah dilaksanakan itu, marilah kita hargai," kata dia, usai menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5). 

(Baca: Prabowo-Sandiaga Putuskan Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK)

Penghormatan terhadap pilihan rakyat, menurut dia, merupakan bentuk kedewasaan dalam pesta demokrasi. Setelah pengumuman dari KPU, ia mengaku belum berkomunikasi dengan Prabowo dan Sandiaga. "Kami ingin terus bersabar, terus bersilaturahmi dengan Pak Prabowo, Pak Sandiaga Uno, dan seluruh pendukung yang ada," ujarnya.

(Baca: Pidato Kemenangan Jokowi di Kampung Deret: Kami untuk 100% Rakyat)

Halaman:
Reporter: Michael Reily, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...