Donasi Digital Naik Lebih dari Dua Kali Lipat Sejak 2017

Cindy Mutia Annur
27 Mei 2019, 13:30
Donasi online
Katadata/Desy Setyowati
E-commerce hingga fintech pembayaran menyediakan layanan donasi online.

Masyarakat Indonesia kian terbiasa berdonasi baik sedekah maupun zakat secara digital, sejak berkembangnya e-commerce dan teknologi finansial (fintech). Beberapa lembaga amil zakat dan fintech pun mencatat, donasi secara digital naik lebih dari dua kali lipat sejak 2017.

Salah satu lembaga yang mencatat kenaikan donasi online adalah Dompet Dhuafa. “Ada kenaikan hingga 200% sejak 2017,” kata Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan di Jakarta, Selasa (21/5) lalu.

Ia mencatat, pemberian zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan datang ke kantor cabang Dompet Dhuafa menurun. Jika pada tahun lalu donasi dengan datang langsung mencapai Rp 1,5 miliar. Tahun ini, nilai donasinya hanya Rp 700 juta.

(Baca: Donasi dan Zakat Online jadi Tren di Kalangan Kelas Menengah Muslim)

Berdasarkan kajian internal Dompet Dhuafa, donasi melalui platform digital meningkat hingga 80% dalam dua tahun terakhir. “Kami mencatat, 60% dari generasi muda berdonasi melalui platform digital. Jumlah ini cenderung naik tiap bulannya,” ujarnya. Generasi muda yang dimaksud berusia 17-30 tahun, dengan rata-rata donasi Rp 30 ribu.

Seiring dengan perkembangan tersebut, Dompet Dhuafa menggandeng platform digital seperti e-commerce, fintech pembayaran, bank, dan lainnya. Dompet Dhuafa pun mencatat ada Rp 10 miliar atau sekitar 3,7% dari total zakat Rp 270 miliar, disalurkan melalui e-commerce pada 2017.

Tahun lalu, Rumah Zakat mencatat, 70% donasi di instansinya dilakukan secara online. Menurut laporan Kitabisa.com, tren donasi online meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2017-2018. 

Karena itu, tren donasi online digarap serius oleh perusahaan penyedia layanan on-demand, Gojek. Head of Third Party Platform Gojek Sony Radhityo mencatat, donasi yang dihimpun Gojek pada Ramadan tahun lalu naik 12 kali lipat dibanding periode sama di 2017. Karena itu, Gojek merilis fitur khusus donasi yang disebut Go-Give.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...