Vincent Raditya, Sang Pilot yang Bisa Beli Pesawat dari Hasil Ngevlog

Hari Widowati
29 Mei 2019, 14:11
Pilot sekaligus Youtuber Vincent Raditya bersama pesawat Single Engine miliknya.
Instagram/VincentRaditya
Pilot sekaligus Youtuber Vincent Raditya bersama pesawat Single Engine miliknya.

Kementerian Perhubungan mencabut lisensi terbang Kapten Vincent Raditya untuk pesawat bermesin tunggal. Langkah tersebut diambil karena Vincent dinilai melanggar ketentuan penerbangan sipil dengan melakukan manuver zero gravity (G Force) dan memberikan kendali terbang kepada penumpang umum. Kebijakan ini menuai polemik di media sosial.

Siapakah sebenarnya Kapten Vincent Raditya? Pria yang akrab disapa Kapten Vincent ini bekerja sebagai pilot maskapai penerbangan Batik Air sejak 2010. Selama menjalankan tugasnya, Vincent kerap membagikan video blog (vlog) ke laman YouTube.

Isi kontennya beragam mulai dari informasi edukasi mengenai dunia penerbangan, tanggapan terhadap kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, aktivitas sehari-hari, hingga konten berisi komedi atau prank. Saat ini, laman YouTube Vincent telah memiliki 2,2 juta pelanggan (subscribers).

Salah satu videonya yang viral adalah video yang menunjukkan Vincent sempat berkunjung ke ATC Tower Bandara Sis Al Jufri di Palu sebelum sore harinya terjadi gempa 7,7 SR. Hingga saat ini, video yang dipublikasikan pada 27 September 2018 itu telah ditonton sebanyak 6,47 juta kali.

Vincent juga kerap berkolaborasi dengan content creator YouTube lainnya, misalnya Deddy Corbuzier, Mael Lee, Raditya Dika, Atta Halilintar, dan Anji. Video Vincent yang paling banyak ditonton adalah video berjudul "Prank!! Limbad Buka Suara Akhirnya". Dalam video tersebut, Vincent mengajak Master Limbad dan dua asistennya naik pesawat Cessna 172, pesawat kecil dengan mesin tunggal. Setelah lepas landas, Vincent berusaha mengajak Master Limbad mengobrol tetapi pesulap tersebut tetap mempertahankan ciri khasnya yang tak pernah berbicara di depan publik.

Ketika pesawat mencapai ketinggian 1.500 kaki, Vincent mengerjai (prank) Master Limbad dengan manuver zero gravity (G Force). Tampak Master Limbad terlontar dari kursinya dan berteriak karena kaget. "Akhirnya keluar suara kan," kata Vincent kepada Master Limbad. Video yang diunggah sejak 13 April 2019 ini sudah ditonton sebanyak 10,76 juta kali.

Dalam video kolaborasi dengan Deddy Corbuzier dan Anji, Vincent menjelaskan soal perubahan G Force. Untuk pesawat komersial Airbus A320, kategori normal berada di rentang -1 g hingga +2,5 g. Untuk pesawat Cessna, rentangnya adalah -1,52 hingga +3,8 g. "Selama pesawat dioperasikan dalam konfigurasi normal, tidak masalah," kata Vincent dalam video tersebut. Manusia normal bisa menahan -2 g atau -3 g untuk negative G Force sedangkan untuk positive G Force maksimal +5 g.

Untuk manuver aerobatik alias akrobat udara, diperlukan latihan khusus. Pasalnya, manuver tersebut dilakukan dalam waktu yang lama dan diperlukan pesawat maupun pakaian khusus bagi pilot yang melakukan akrobat udara ini. "Ini berbeda dengan yang saya lakukan kepada Master Limbad yang hanya pengenalan terhadap G Force," ujarnya. Aksi tersebut dinilai tidak ekstrem karena hanya berlangsung beberapa detik dan dilakukan dalam kecepatan normal.

(Baca: Meski Tiket Mahal, Menhub Klaim Penumpang Pesawat Naik Tiga Persen)

Bisa Beli Pesawat dari Ngevlog di YouTube

Aktivitas Vincent mengunggah vlog ke YouTube membawa berkah. Dalam video yang diunggah dua bulan yang lalu, Vincent menunjukkan sebuah pesawat Cessna 172 yang dibeli dengan uang hasil aktivitasnya di YouTube. Ia mempersembahkan pesawat kecil tersebut untuk para pendukungnya yang akrab disebut dengan nama Roteters.

Pesawat bermesin tunggal dengan kapasitas empat tempat duduk ini merupakan pesawat yang latih yang paling populer di kalangan calon pilot. Harga pesawat Cessna 172 yang baru diperkirakan mencapai US$ 340 ribu hingga US$ 400 ribu atau sekitar Rp 4,76 miliar-Rp 5,6 miliar dengan kurs Rp 14 ribu per dolar AS. Namun, pesawat yang dibeli Vincent ini bukan pesawat baru.

Sejauh ini, sudah ada beberapa YouTuber yang diajak berkolaborasi membuat konten di pesawat tersebut. Selain itu, Vincent juga mengatakan ia akan memberi kesempatan kepada para Roteters yang ingin mencoba pengalaman terbang dengan pesawat Cessna 172.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...