Viral Harga Tiket Pesawat Rp 21 Juta, Kemenhub: Hati-hati Beli Tiket

Ameidyo Daud Nasution
29 Mei 2019, 23:21
harga tiket pesawat, tiket pesawat mahal, kementerian perhubungan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi pesawat udara. Viral harga tiket pesawat Bandung - Medan seharga Rp 21 juta pergi-pulang, Kementerian Perhubungan minta agar masyarakat hati-hati membeli tiket pesawat.

Kementerian Perhubungan menanggapi kabar semakin mahalnya harga tiket pesawat jelang libur lebaran ini. Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono meminta masyarakat memerika secara rinci harga yang tersedia.

Pasalnya banyak rute yang tiketnya saat ini sudah habis, namun banyak travel dan aplikasi online yang menyediakan tiket dengan skema multi rute. Hal ini mendasari munculnya tiket dengan harga yang terlampau tinggi. "Jadi kami minta hati-hati bila beli tiket pesawat," kata Nur saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/5).

Beredar viral di media online dan media sosial saat ini, harga tiket pesawat rute Bandung menuju Medan yang mencapai Rp 21 juta pergi pulang. Penerbangan itu merupakan hasil pencarian di Traveloka untuk perjalanan tanggal 31 Mei 2019. Katadata juga coba mencari tiket rute serupa dengan jadwal perjalanan pergi 31 Mei dan pulang tanggal 6 Juni di Traveloka. Hasilnya, rute sudah tak dapat ditemukan.

Sebagai perbandingan, Katadata coba mencari tiket untuk rute yang sama pada rute Jakarta-Medan. Ditemukan tiket dengan harga Rp 5,7 juta. Apabila dirinci, perjalanan menggunakan Lion Air dengan transit di Kuala Lumpur.

(Baca: Tiket Mahal, Penerbangan Tambahan Bandara Bali Turun Tajam)

Dari KL, pemudik menggunakan Batik Air menuju Medan dengan total biaya dari Jakarta mencapai Rp 3,92 juta. Untuk perjalanan kembali menggunakan penerbangan langsung Lion Air dengan tarif Rp 1,78 juta.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...