Sandiaga Ungkap Alasan Kepergian Prabowo ke Eropa

Image title
30 Mei 2019, 01:36
Prabowo, Sandiaga, Pilpres 2019
ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno (kedua kiri) didampingi Penanggung Jawab Tim Kuasa Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Hashim Djojohadikusumo (kanan) melambaikan tangan usai memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/5/2019). BPN Prabowo-Sandiaga menunjuk Hashim Djojohadikusumo sebagai Penanggung Jawab Tim Kuasa Hukum dan Bambang Widjojanto sebagai Ketua Tim Kuasa Hukum paslon 02 untuk mengajukan gugatan perselisihan hasil Pilpres.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menyebut, kepergian Prabowo Subianto ke Austria dalam rangka keperluan pribadi. Ia menjelaskan, Prabowo terbang ke Eropa bisa karena berbagai hal yang sifatnya pribadi.

"Mungkin dari pengalamannya, beliau kan kalau cek kesehatan selalu cek di Eropa, sementara ke Dubai hanya transit," ujar Sandiaga usai menghadiri acara buka puasa bersama media di media center Prabowo-Sandiaga di Jl.Sriwijaya, Jakarta, Rabu, (29/5).

Terkait tujuan potensi tujuan negara lain yang akan dituju oleh Prabowo selain Austria, dirinya mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

Dalam kepergiannya ke Austria, Prabowo diketahui berangkat bersama sejumlah warga negara asing seperti Russia dan Amerika Serikat. Namun ketika dimintai keterangan terkait maksud keperluan delegasi kedua negara tersebut, ia hanya menjawab singkat bahwa dirinya tidak mendapatkan keterangan tersebut.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, Prabowo akan kembali ke Indonesia dalam kurun waktu tiga hingga empat hari ke depan. "Jadi mungkin hari Minggu, terhitung tiga hari dari sekarang ya," ujarnya.

Sandiaga pun meminta semua pihak untuk menghormati privasi Prabowo. Ia menyebutkan bahwa pihaknya berhak mendapatkan privasi yang seharusnya memang wajar dimiliki.

Perihal adanya data manifest penerbangan Prabowo, Sandiaga menilai tidak seharusnya manifest tersebut disebarluaskan ke publik. Menurutnya, hal tersebut sifatnya rahasia dan dilindungi undang-undang.

Sebelumnya keberangkatan Prabowo ke Dubai dan Austria telah terkonfirmasi oleh Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Sam Fernando. Berdasarkan informasi yang telah dikonfirmasi kepada Sam, Prabowo diketahui berangkat Selasa (28/5) pukul 06.16 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...