H-2 Lebaran, 24.400 Pemudik Dijadwalkan Berangkat dari Stasiun Gambir

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Happy Fajrian

3/6/2019, 17.15 WIB

Stasiun Gambir tampak lebih lengang dibandingkan hari-hari sebelumnya. Namun 24.400 pemudik dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir hari ini.

stasiun gambir, mudik lebaran, mudik kereta api
Katadata
Calon pemudik di Stasiun Gambir, Senin (3/6) siang. Sebanyak 24.400 pemudik dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir hari ini.

Stasiun Gambir, Jakarta, pada H-2 Lebaran, Senin (3/6) siang tampak ramai dipenuhi oleh penumpang yang akan mudik menggunakan kereta api, baik bersama keluarganya mau pun sendirian. Meski begitu, pemandangan di Stasiun Gambir dinilai lebih lengang dibandingkan kemarin, Minggu (2/6).

Namun menurut data resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI Daerah Operasi (Daop) 1, jumlah tiket yang terjual untuk pemberangkatan hari ini mencapai 24.400 tiket. Meski, hingga siang tadi kegiatan di Stasiun Gambir tampak lebih sepi dibandingkan hari kemarin.

Senior Manager Humas Stasiun Gambir Eva Chairunisa mengakui bahwa jumlah penumpang hari ini berpotensi lebih banyak. "Dengan penjualan tiket hari ini, sehingga, total pemudik yang sudah berangkat dari Stasiun Gambir sejak H-10 (26 Mei 2019) sekitar 178 ribu penumpang," kata Eva kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Senin (3/6).

Salah seorang porter pengangkut barang bernama Dede pun mengakui bahwa siang ini jumlah penumpang di Stasiun Gambir relatif lebih sepi. Pasalnya jumlah barang yang diangkutnya sedikit berkurang hari ini. "Biasanya ratusan kali, tapi sekarang baru puluhan," kata Dede ketika ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (3/6).

(Baca: H-2 Lebaran, Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak Masih Terkendali)

Seorang petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bertugas menjadi penjaga pengecekan tiket mengatakan, pemandangan yang lebih sepi ini karena sebagian penumpang sudah masuk ke dalam peron karena bakal ada keberangkatan. Meski begitu, pria yang tidak enggan disebutkan namanya tersebut mengatakan, hari ini memang tampak lebih lengang.

Menurut data dari Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Minggu (2/6) berjumlah 21.824 penumpang. Sementara, hari ini, hingga pukul 06.00 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun tersebut jumlahnya 18.849.

Salah satu penumpang yang bakal berangkat menggunakan kereta api melalui Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung, Abi (34), mengatakan dirinya baru mendapatkan tiket pemberangkatan hari ini melalui aplikasi. Dia mengaku tiket di hari-hari pemberangkatan sebelumnya sudah habis terjual.

"Gara-gara memang beli tiketnya mepet sih. Sekitar awal Mei kalau tidak salah," kata Abi yang berangkat ke Bandung menggunakan kereta api bersama istri dan ketiga anaknya tersebut.

(Baca: H-2 Lebaran, Sistem Satu Arah di Jalan Tol Masih Diberlakukan )

Sementara, penumpang lainnya, Assa (25) yang bakal berangkat ke Kediri, Jawa Timur menggunakan kereta api melalui Stasiun Gambir mengaku sudah membeli tiket kereta sejak 2 bulan yang lalu. Meski sudah libur sejak hari Sabtu lalu, namun dirinya mengaku baru berangkat hari ini karena saat membeli tiket, dia belum mendapatkan kepastian soal hari libur.

"Takut belum dapat libur tapi terlanjur beli tiket. Makanya beli tiketnya agak mepet sama lebaran, yang penting pulang kampung," katanya yang berangkat seorang diri dari Stasiun Gambir.

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan