Jumlah Kecelakaan saat Mudik Lebaran Turun 66% Dibanding Tahun Lalu

Image title
5 Juni 2019, 08:00
Kemenhub, angka kecelakaan, libur Lebaran 2019
ANTARA FOTO/ R REKOTOMO
Pemudik bersepeda motor dari Jakarta yang menumpang KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Mudik gratis dengan kapal laut tersebut digelar oleh Kementerian Perhubungan menggunakan KM Dobonsolo yang mengangkut sekitar 1.000 sepeda motor dan 2.200 pemudik dengan tujuan berbagai kota di Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, angka kecelakaan tercatat terus mengalami penurunan secara drastis hingga H-2 Lebaran 2019, dibanding musim mudik tahun lalu.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, isu tahun ini untuk mudik lancar dan aman mendapatkan keberhasilan. Penurunan angka kecelakaan mencapai 66%," ujarnya, saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (4/6).

Sejak H-7 hingga H-2 Lebaran 2019, Kemenhub mencatat korban kecelakaan sebanyak 478 orang. Dari total angka kecelakaan tersebut, korban meninggal akibat kecelakaan tercatat sebanyak 74 orang, korban luka berat 53 orang, korban luka ringan 551 orang.

Sementara, tahun lalu korban kecelakaan selama mudik totalnya mencapai 1.435 orang. Rinciannya, korban meninggal dunia mencapai 178 orang, korban luka berat 175 orang dan korban luka ringan 1.082 orang.

Budi menjelaskan, untuk menciptakan mudik yang aman, Kemenhub telah melakukan pengecekan bus-bus yang akan dioperasikan pada saat masa angkutan lebaran. Selain itu, kecelakaan sepeda motor juga minim karena menurunya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

(Baca: Mudik, Tradisi Merayakan Menjadi Indonesia)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...