Kemenkeu Gelar Festival Ekonomi Indonesia Khusus Anak Muda

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Sorta Tobing

4/7/2019, 21.12 WIB

Kemenkeu menggelar MOFEST untuk memfasilitasi generasi muda dalam mengembangkan diri dan memahami potensi ekonomi Indonesia.

ministry of finance festival, festival kementerian keuangan, mofest
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019. Festival ini digelar mulai dari Pekanbaru. Lalu, berlanjut ke Pontianak pada 8 Agustus 2019, Kendari 29 Agustus 2019, Surabaya 12 September 2019, Yogyakarta 3 Oktober 2019 dan puncak acara akan berada di Jakarta yang digelar pada Oktober mendatang.

Mengusung tema Future of Today, MOFEST diharapkan dapat memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri dan memahami potensi ekonomi Indonesia. "Sehingga para pemuda siap berkontribusi dan mewujudkan visi Indonesia 2045," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti dalam keterangan resminya, Pekanbaru, Kamis (4/7).

Sesuai dengan Visi Indonesia 2045 yang dirilis oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Indonesia diperkirakan menjadi negara pendapatan tinggi pada tahun 2036 dan memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-5 pada tahun 2045.

Untuk mencapai target ini, diperlukan capaian pertumbuhan PDB Indonesia sebesar 5,7% per tahun. Selain itu, Indonesia juga perlu keluar dari jebakan negara kelas menengah atau middle income trap pada 2036 dan diperlukan PDB per kapita Indonesia yang mencapai angka US$ 23.199 pada 2045. Tantangan lain dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, adalah ketidakpastian ekonomi global dan ancaman perang dagang.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan kerja sama atau kolaborasi dari seluruh pihak dan masyarakat dalam mengatasi tantangan tersebut. "Terutama, bagi para generasi muda/usia produktif (15-64 tahun) yang mencapai 64% dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa pada tahun 2030-2040," ucap Nufransa.

(Baca: Sri Mulyani Anggap Generasi Milenial Aset Penggerak Ekonomi)

MOFEST ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, akademisi, komunitas, karyawan, pengusaha, professional, hingga investor yang mencari peluang pengalaman, memperluas jaringan hingga meraih inspirasi dari para ahli di bidangnya.

Tahun ini MOFEST akan mengusung empat agenda. Pertama, MOFEST Conference. Seminar yang menghadirkan para pembicara prominen untuk memberikan wawasan, pengalaman, insight, dan ide-ide baru. Namun, konferensi ini hanya akan dilaksanakan pada acara puncak di Jakarta.

Lalu, MOFEST Talk. Talkshow interaktif seputar isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi, ekonomi digital, bisnis, kewirausahaan, keuangan dan ekonomi kreatif. Berikutnya, MOFEST Coaching Clinic. Forum diskusi untuk meningkatkan soft skill yang meliputi keterampilan, motivasi, bisnis, kreatifitas sekaligus memberikan kesempatan networking baik antar mentor maupun sesama peserta.

Terakhir, MOFEST Expo. Acara ini menghadirkan beberapa entitas baik dari pemerintahan, swasta maupun UMKM dalam bentuk showcasing atau pameran interaktif.

(Baca: Sri Mulyani Bercerita Peliknya Menghadapi Revolusi Teknologi)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha