Alta Lauren Gunawan, Wanita Berdarah Indonesia Pengawal Trump

Dwi Hadya Jayani
8 Juli 2019, 17:08
Alta Lauren Gunawan, perempuan berdarah Indonesia yang menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang masuk dalam pasukan pengawal bermotor untuk Presiden Donald Trump.
Dok. Lauren Alta Gunawan
Alta Lauren Gunawan, perempuan berdarah Indonesia yang menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang masuk dalam pasukan pengawal bermotor untuk Presiden Donald Trump.

Alta Lauren Gunawan, seorang perempuan berdarah Indonesia, menjadi wanita keturunan Asia-Amerika pertama yang tergabung dalam anggota tim motor pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat (US Secret Service Motorcade Division). Ayahnya adalah orang Indonesia sedangkan ibunya memiliki darah campuran.

Ia mengatakan, darah campuran yang terdapat dalam dirinya bukan menjadi hambatan untuk menjadi anggota tim pengamanan elite tersebut. Alta Lauren membuktikan bahwa perempuan dapat mencapai tujuan dengan kerja keras dan dedikasi. “Dengan memecahkan langit-langit kaca ini, saya dapat menunjukkan kepada gadis-gadis muda bahwa kita bisa mencapai tujuan dengan kerja keras dan dedikasi,” katanya, seperti dikutip NBCnews.

Advertisement

Wanita berusia 30 tahun ini mengendarai motor besar untuk mengawal dan melindungi presiden, wakil presiden, serta pejabat tinggi asing lainnya. Ia bertugas untuk menghentikan lalu lintas jalanan agar mobil pejabat yang dikawalnya dapat melaju dengan aman. Tim elit tersebut terdiri atas tujuh ribu agen khusus, petugas, dan para spesialis.

“Ketika kami mengiringi mobil, tentunya kami tidak hanya mengendarai motor. Kami harus berkendara di trotoar atau mengawasi pejalan kaki atau peseda sehingga ancaman yang tidak diketahui dapat kami prediksi,” ujar dia.

Alta Lauren mengakui, tugasnya membutuhkan kekuatan dan tanggung jawab penuh. Amanah ini dipilihnya karena ia terinspirasi dari sosok sang kakek yang merupakan mantan kepala polisi di negara bagian Illinois.

(Baca: Emi Nakamura, Bintang Baru Ekonom Perempuan yang Andalkan Data Set )

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement