Diputuskan Esok, Destry Damayanti Didukung DPR dan Bankir Jadi DGS BI

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Sorta Tobing

9/7/2019, 19.39 WIB

Hampir semua fraksi menerima pencalonan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Dukungan juga datang dari kalangan perbankan.

destry damayanti jadi deputi gubernur senior bi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Destry Damayanti mendapat dukungan dari Komisi XI DPR dan kalangan perbankan sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Supriyatno menilai, hampir semua fraksi menerima pencalonan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Esok hari, rencananya, komisi yang membidangi keuangan dan perbankan itu akan memanggil Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Tujuan pemanggil PPATK, ia mengatakan, untuk memeriksa hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang telah dijalankan Destry. "Setelah itu bisa diputuskan. Tapi paling lambat Kamis lah," kata Supriyatno di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/7).

Setelah pemeriksaan PPATK selesai, akan dilakukan rapat internal dengan para fraksi. Namun, terkait kepastian kapan rapat itu akan diadakan, Supriyatno mengatakan dirinya akan melihat kondisi esok hari.

Dalam rapat internal nanti, nasib Destry akan diputuskan melalui musyawarah mufakat. Keputusan akan diawali dengan penyampaian pandangan para fraksi terhadap pencalonan Destry. "Kita kan skemanya musyawarah mufakat ya. Kalau sudah di situ ya sudah, tidak perlu voting (pemungutan suara)," ujarnya.

(Baca: Calon Deputi Gubernur Senior BI Bakal Tinjau Ulang Isu Redenominasi)

Dari sisi perbankan, Ketua Umum Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono turut mendukung pencalonan Destry. Ia menilai, Destry memiliki ide-ide yang beriiwa muda. "Saya kira dia sudah punya ide-ide inovatif yang bagus untuk dikembangkan di BI," ujarnya di saat bersamaan.

Selain itu, Destry dinilai sangat berpengalaman sebagai ekonom hingga deputi Lembaga Penjaminan Sosial (LPS). Tak hanya itu, Maryono menyebutkan perempuan berusia 55 tahun itu sangat market friendly dan juga komunikatif. "Sifat ini yang bisa menjadi jembatan BI dengan berbagai perbankan maupun asosiasi," tutupnya.

Destry Damayanti merupakan calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR untuk menempati posisi Deputi Gubernur Senior (DGS) BI periode 2019-2024. Jika direstui DPR, Destry akan menggantikan Mirza Adityaswara, yang masa jabatannya akan habis pada 24 Juli 2019.

(Baca: Destry Damayanti, Calon Tunggal Deputi Gubernur Senior BI)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN