Ketua Komisi XI DPR Tolak Intervensi Sri Mulyani dalam Seleksi BPK

Agatha Olivia Victoria
10 Juli 2019, 18:02
seleksi anggota BPK
Arief Kamaludin|KATADATA
Ketua Komisi XI DPR Melchias Mekeng menilai, proses seleksi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melewati mekanisme yang benar.

Ketua Komisi XI DPR Melchias Mekeng menilai, proses seleksi anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melewati mekanisme yang benar. "Tidak boleh ada intervensi dari pihak lain, termasuk Sri Mulyani," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/7).

Sebagai informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemarin bertemu dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo. Pertemuan ini untuk membahas proses seleksi anggota BPK yang sedang berlangsung. Namun, usai keluar dari ruang pimpinan, Sri Mulyani memilih tidak memberikan komentar kepada wartawan.

Advertisement

 (Baca: Dari 32 Nama, 12 Politikus Lolos Seleksi Administrasi BPK)

Melchias menyebutkan, kalau memang Menteri Keuangan ingin memberikan masukan tidak bisa melalui pertemuan secara tiba-tiba. Ia pun menambahkan hingga saat ini belum ada masukan dari Sri Mulyani kepada Komisi XI terkait seleksi anggota BPK. "Kalau dia mau kasih masukkan lewat surat, enggak ada dengan cara kayak gitu. Saya tidak tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani sempat mengomentari pemilihan Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurut dia, saat ini banyak politikus yang melamar sebagai anggota BPK. Ia mengatakan, DPR sebagai pihak yang akan melakukan seleksi terhadap calon anggota BPK harus mengetahui pentingnya tanggung jawab instusi tersebut.

Adapun BPK adalah institusi yang disebutkan secara khusus dalam UUD 1945 untuk bisa menjaga tata kelola dan kredibilitas pengelolaan keuangan negara di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, calon anggota BPK harus bisa mengelola keuangan negara agar seimbang. Selain itu, calon anggota BPK dinilai Sri Mulyani juga harus memiliki kredibilitas yang tinggi.

(Baca: Politikus Gerindra Calon Anggota BPK, Eks Aktivis hingga Caleg Gagal)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement