Harga Emas Antam Hari Ini Turun Jadi Rp 702 RIbu per Gram

Image title
16 Juli 2019, 10:33
harga emas hari ini
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Harga beli emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam pada hari ini, Selasa (16/7), menjadi Rp 702 ribu per gram, atau turun Rp 4 ribu dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Harga beli emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam pada hari ini, Selasa (16/7), menjadi Rp 702 ribu per gram, atau turun Rp 4 ribu dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Dikutip dari logammulia.com, untuk harga jual emas Antam juga turut mengalami penurunan menjadi Rp 630 ribu per gram atau turun Rp 5 ribu dibandingkan sehari sebelumnya. Harga emas tersebut berdasarkan harga di Butik Emas LM, yang terletak di Pulo Gadung, Jakarta.

Harga jual emas Antam yang tercantum belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh), yang sessuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 34/PMK.10/2017, yaitu penjualan kembali emas batangan Antam dengan nominal lebih dari Rp 10 juta dikenakan PPh 22 sebesar 1,5%.

Sementara itu, dikutip dari Bloomberg, untuk harga emas global jenis pengiriman segera turun 0,07% menjadi US$ 1.413 per ounce, sedangkan untuk harga emas comex naik 0,09% menjadi US$ 1.414 per ounce untuk kontrak Agustus 2019.

Harga emas sedikit berubah di awal perdagangan Asia pada hari ini karena investor menunggu data penjualan ritel Amerika Serikat (AS). Hal tersebut sebagai petunjuk mengenai kebijakan Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) dalam menghadapi perlambatan ekonomi global.

Ketegangan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS), dan kegelisahan pertumbuhan global dan prospek penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (The Fed) membuat pelaku pasar komoditas waswas.

"Kami memiliki dolar AS yang sedikit lebih lemah, ketegangan di Timur Tengah dan, sekali lagi, perselisihan perdagangan yang berkepanjangan antara AS dan Tiongkok, yang semuanya mendukung," kata Michael McCarthy, kepala strategi pasar, CMC Markets, dikutip dari Reuters, Jumat (12/7).

(Baca: Harga Emas Antam Hari Ini Rp 706 Ribu Per Gram)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...