Sukses di AS dan Korsel, Film Bali: Beats of Paradise Tayang Agustus

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

18/7/2019, 09.55 WIB

Film ini mengisahkan tentang komposer gamelan Bali.

Film Bali: Beats of Paradise akan tayang di bioskop Indonesia pada Agustus 2019.
Bali: Beats of Paradise
Film Bali: Beats of Paradise akan tayang di bioskop Indonesia pada Agustus 2019.

Film Bali: Beats of Paradise yang memiliki latar di Pulau Dewata bakal tayang di bioskop Tanah Air mulai 22 Agustus 2019. Film garapan sineas Livi Zheng yang mengangkat jalan hidup komposer gamelan itu telah mendulang sukses di Amerika Serikat (AS).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan Bali: Beats of Paradise sukses mengangkat budaya Indonesia di AS. "Apa yang Livi lakukan dengan idealismenya sangat menginspirasi, film memang media yang ideal untuk mempromosikan budaya dan alam Indonesia,” kata Arief dalam keterangan resmi, Kamis (18/7).

Dia mengungkapkan, film produksi internasional akan membuat kekayaan nasional mendunia lewat keindahan alam, keunikan budaya, dan keramahan masyarakat. Dia juga mengungkapkan Bali: Beats of Paradise layak jadi bagian promosi wisata Wonderful Indonesia.

Livi adalah sutradara asal Blitar, Jawa Timur, yang sekarang memiliki domisili di Los Angeles, AS. Bali: Beats of Paradise telah mendapat sambutan hangat di AS pada akhir 2018. Kemudian, film juga meraih respons positif dari penonton di Korea Selatan.

(Baca: Dua Garis Biru Jadi Film Indonesia Keenam yang Masuk Box Office 2019)

Dia berharap kesuksesan itu bisa terulang di Indonesia. "Semoga film bisa menginspirasi masyarakat dan tentunya mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia,” ujar Livi.

Bali: Beats of Paradise merupakan film yang mengangkat kisah nyata komposer gamelan Nyoman Wenten. Nyoman memang mengejar mimpi sebagai seniman sukses di AS bermodalkan alat musik gamelan Bali.

Livi menuturkan, tema gamelan dalam film sangat menarik karena mulai terkenal sebagai seni tradisional Indonesia. Apalagi, banyak ilustrasi musik yang menggunakan gamelan, seperti Avatar, Star Trek, gim Nintendo, hingga NASA dalam program komunikasi tahun 1997.

Bali: Beats of Paradise juga mendapatkan pemutaran teater dengan layar terbesar dunia yang ada di Korea Selatan. Bahkan, film itu juga pernah masuk seleksi untuk nominasi Oscar 2019 kategori film terbaik, meski tak lolos.

(Baca: Gundala jadi Film Indonesia Pertama dengan Tata Suara Dolby Atmos)

Selain itu, perusahaan online streaming iQiyi akan menjadi distributor film untuk masuk layanan tonton via internet. Baidu yang memiliki 96,8 juta pelanggan di dunia juga akan akan menayangkan film.

Livi juga mendapatkan kerja sama Bali: Beats of Paradise dan Walt Disney Animation Studios. “Saya berharap film bisa berperan mempopulerkan budaya Indonesia pada dunia dan menginspirasi remaja Indonesia untuk mencintai budaya bangsa," katanya.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan