Kepala BNPB: Belum Ada Laporan Bencana Gelembung Gas di Blok ONWJ

Cindy Mutia Annur
21 Juli 2019, 00:30
BNPB soal bencana blok onwj, semburan gas Blok ONWJ dan semburan minyak Blok ONWJ
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan belum terlibat dalam penanganan masalah semburan minyak dan gas di Blok ONWJ

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan belum terlibat dalam penanganan masalah semburan minyak dan gas di Blok Offshore North West Java (ONWJ), di pantai utara Pulau Jawa.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, belum ada laporan kepada instansinya mengenai potensi bencana yang mungkin terjadi. "Kami akan terlibat setelah ada informasi bahwa ada status darurat," ujarnya kepada Katadata.co.id, Sabtu (20/7).

Semburan gas dan minyak yang sudah berlangsung beberapa hari mulai memunculkan kekhawatiran. Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, semburan telah menghasilkan kabut yang bisa terbakar bila ada sumber api.

(Baca: AirNav: Tak Ada Gangguan Penerbangan Terkait Semburan Gas di Blok ONWJ)

Blok ONWJ merupakan blok migas yang dikelola Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Hulu Energi (PHE). Pada 12 Juli 2019, perusahaan melakukan well kick pada sumur (re-aktivitasi) YYA-1 yang menyebabkan munculnya gelembung gas di sekitar anjungan lepas pantai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...