OJK Minta Bank Mandiri Jelaskan Perubahan Saldo Jutaan Nasabahnya

Image title
22 Juli 2019, 09:45
saldo nasabah Bank Mandiri eror, rekening nasabah Bank Mandiri,
Arief Kamaludin|KATADATA
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta Bank Mandiri melaporkan masalah yang menyebabkan terjadinya perubahan saldo nasabah, akhir pekan lalu.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta PT Bank Mandiri (Persero) Tbk segera melaporkan permasalahan yang menyebabkan terjadinya perubahan dana nasabah akibat sistem eror pada saat proses backup data rutin, akhir pekan lalu.  Bank pelat merah itu juga diminta menyampaikan langkah-langkah yang akan mereka lakukan.

Dalam siaran pers yang dirilis Minggu (21/7) malam, OJK meminta kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari. OJK pun akan terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi masalah teknologi informasi di  bank tersebut.

Advertisement

"Saat ini yang terpenting pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi haknya," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo, dalam siaran pers tersebut.

OJK pun menilai masalah yang dihadapi Bank Mandiri harus menjadi perhatian para pelaku industri perbankan lainnya. Semua bank di dalam negeri diminta terus mengkaji ulang fungsi teknologi informasi secara berkala untuk menegakkan tata kelola manajemen risiko operasional yang  berhati-hati agar berjalan dengan baik.

Kajian berkala tersebut merupakan upaya peningkatan pelayanan perbankan dan upaya pencegahan agar masalah serupa tidak terulang lagi. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik. Jika terjadi gangguan sistem, perbankan harus memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait hak nasabah, termasuk pemulihan layanannya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement